Pendampingan Penerapan dan Pengembangan Program Pendidikan Anak Usia Dini pada Lembaga PAUD di Daerah Kabupaten Sambas

  • Asyruni Multahada Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
Keywords: Program, Pendidikan, Anak Usia Dini

Abstract

Kegiatan “Pendampingan Penerapan dan Pengembangan Program Pendidikan Anak Usia Dini pada Lembaga PAUD di Daerah Kabupaten Sambas” bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan dan mengembangkan program pendidikan anak usia dini di Lembaga PAUD serta meningkatkan mutu lembaga PAUD di daerah Kabupaten Sambas. Hasil dari pengabdian kepada masyarakat ini, yakni: 1) Tahapan dalam merancang program dimulai dari pembagian tim, pemberian materi, menganalisis masalah, menentukan program dan presentasi program; 2) Pelaksanaan program pendidikan anak usia dini dilakukan dalam 3 tahap. Setiap tahapan selalu dilakukan pelaporan program, evaluasi dan tindak lanjut kegiatan. Kegiatan pengabdian ini juga diupload ke media sosial Facebook sebagai bahan pembelajaran kepada guru-guru lain; dan 3) Implikasi kegiatan ini diantaranya adalah peningkatan kemampuan guru dalam menerapkan dan mengembangkan program pendidikan anak usia dini serta peningkatan mutu pendidikan pada lembaga PAUD di daerah Kabupaten Sambas.

References

Afandi, A. (2022). Metodologi Pengabdian Kepada Masyarakat. Jakarta: Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam.

Azan, K. (2023). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini. Riau: Dotplus Publisher.

Fadlillah, M. (2020). Buku Ajar Konsep Dasar PAUD. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru.

Irawan, E. (2020). Model Pengabdian Berbasis Kompetisi. Yogyakarta: Zahir Publishing.

Irwansyah. (2023). Pemberdayaan Digital: : Pengetahuan dan Kebijakan. Yogyakarta: CV. Bintang Semesta Media.

Nofianti, R. (2021). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jawa Barat: Edu Publisher.

Septiani, S. (2024). Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Banten: PT Sada Kurnia Pustaka.

Suryana, D. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Kencana.

Suryana, D. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Praktik Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini: Konsep dan Teori. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyuni, S. (2022). Formula 5-3-3: Strategi Mengelola Jasa Layanan Lembaga PAUD. Madiun: CV. BayfaCendikia Indonesia.

Wardhani, N. (2018). Raudhatul Athfal, Kurikulum dan Metodologi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Banda Aceh: Lembaga Naskah Aceh (NASA).

Widodo, H. (2020). Dinamika Pendidikan Anak Usia Dini. Jawa Tengah: Alprin.

Windayani, N. L. (2021). Teori dan Aplikasi Pendidikan Anak Usia Dini. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Published
2024-06-30