URGENSI DAKWAH SEKOLAH BAGI GENERASI MILLENIAL

  • Muhajir Musa Universitas Muhammadiyah Kupang
  • Ilfiana Iffah Jihada Universitas Muhammadiyah Kupang
  • M. Feri Firmansyah Sekolah Tinggi Agama Islam Sumbawa
Keywords: urgensi, Rohis, dakwah sekolah, generasi millenial

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada tantangan dakwah sekolah yang seringkali menghadapi fakta bahwa rendahnya minat para siswa sebagai generasi millenial untuk terlibat di dalam kegiatan Rohis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan urgensi dakwah sekolah dengan mengkolaborasikannya dengan karakter yang dimiliki oleh generasi millenial umumnya. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dan penelitian kepustakaan. Pendekatannya adalah secara eksploratif. Berdasarkan penelitian ini, diperoleh hasil kajian bahwa dakwah sekolah dalam konteks generasi millenial melalui kegiatan Rohis memiliki urgensi antara lain sebagai sarana pembinaan akhlak, sebagai wadah untuk meng-counter arus informasi yang negatif, salah satu sarana untuk penguatan keimanan dan nasionalisme, penangkal aliran radikalisme, salah satu penunjang prestasi akademik, dan sebagai komunitas kreatif-religius yang dapat dikombinasikan dengan pembekalan berbagai keterampilan penggunaan teknologi informasi yang bermanfaat dan menarik.

References

Ahmad, A., & Nurhidaya, N. (2020). Media Sosial dan Tantangan Masa Depan Generasi Milenial. Avant Garde, 8(2), 134–148. doi: 10.36080/ag.v8i2.1158

Al-Abrsy, M. A. (1994). Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam (4 ed.). Jakarta: Bulan Bintang.

Apriliani, I., & Ghazali, H. (2016). Toleransi Remaja Islam Kepada Pemeluk Agama yang Berbeda: Studi Ekstrakurikuler Rohani Islam (Rohis) SMA di Bekasi, Jawa Barat. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 1(1), 1–22. doi: 10.22515/attarbawi.v1i1.32

Bachtiar, W. (1997). Metode Penelitian Ilmu Dakwah. Jakarta: Logos. Diambil dari https://books.google.co.id/books/about/Metodologi_penelitian_ilmu_dakwah.html?id=CrFvAAAACAAJ&redir_esc=y

Bay, K. (2011). Pengertian Ulil Amri dalam Al-Qur’an dan Implementasinya dalam Masyarakat Muslim. Jurnal Ushuluddin, 17(1). doi: http://dx.doi.org/10.24014/jush.v17i1.686

Darmadji, A. (2011). PONDOK PESANTREN DAN DERADIKALISASI ISLAM DI INDONESIA. Millah: Journal of Religious Studies, 11(1), 235–252. doi: 10.20885/millah.vol11.iss1.art12

Fathurrohman, M. (2019). DAKWAH DALAM KONTEKS PENDIDIKAN. Mamba’ul ‘Ulum, 15(2), 217–224. doi: https://doi.org/10.54090/mu.22

Haerullah, H., & Elihami, E. (2020). DIMENSI PERKEMBANGAN PENDIDIKAN FORMAL DAN NON FORMAL. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 199–207. doi: https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/504/293

Hamalik, O. (1992). Administrasi dan Supervisi Pengembangan Kurikulum (1 ed.). Bandung: Mandar Maju.

Kemenag RI. (2015). Panduan Ekstrakurikuler Rohani Islam (Rohis). Jakarta: Direktorat PAIS.

Khamidah, U. (2012). Strategi Sie Kerohanian Islam dalam Pembentukan Karakter Kepemimpinan pada Siswa Tahun 2011/2012: Studi Kasus Rohis di SMA Negeri 3 Semarang (Universitas Islam Negeri Walisongo). Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang. Diambil dari http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1145/

KOMINFO, P. (2016). Mengenal Generasi Millennial. Diambil 7 Januari 2023, dari Website Resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika RI website: http:///content/detail/8566/mengenal-generasi-millennial/0/sorotan_media

Kusmarwanti. (2002). Dakwah Sekolah Di Era Baru. Surabaya: Kencana Jaya. Diambil dari https://www.google.co.id/books/edition/Dakwah_sekolah_di_era_baru/of3XAAAAMAAJ?hl=id&gbpv=0&bsq=Dakwah%20Sekolah%20Di%20Era%20Baru

LISTYANTI, A. S. (2013). Kasus Rohis MetroTV Pecah Rekor Aduan ke KPI - Nasional Tempo.co. Diambil 6 Januari 2023, dari https://nasional.tempo.co/read/458315/kasus-rohis-metrotv-pecah-rekor-aduan-ke-kpi

Musfah, J. (2018). Analisis Kebijakan Pendidikan; Mengurai Krisis Karakter Bangsa. Jakarta: Prenadamedia Group.

Nata, A. (2014). Akhlak Tasawuf dan Karakter Mulia (13 ed.). Jakarta: Rajawali Press.

Ngaidin. (2017). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER ROHANI ISLAM (ROHIS) DAN PEMBIASAAN KEAGAMAAN SMA NEGERI SE-KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 20152016 (INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SALATIGA). INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SALATIGA, Salatiga. Diambil dari https://text-id.123dok.com/document/zxn579vq-implementasi-pendidikan-karakter-melalui-kegiatan-ekstrakurikuler-rohani-islam-rohis-dan-pembiasaan-keagamaan-sma-negeri-se-kota-salatiga-tahun-pelajaran-20152016.html

Noer, H. M. A., Tambak, S., & Rahman, H. (2017). Upaya Ekstrakurikuler Kerohanian Islam (ROHIS) dalam Meningkatkan Sikap Keberagamaan Siswa di SMK Ibnu Taimiyah Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2(1), 21–38. doi: https://doi.org/10.25299/althariqah.2017.vol2(1).645

Nuraini. (2022, Oktober 26). Mengenal Generasi Milenial, Ciri-ciri, hingga Karakternya. Diambil 7 Januari 2023, dari Bisnis.com website: https://lifestyle.bisnis.com/read/20221026/220/1591802/mengenal-generasi-milenial-ciri-ciri-hingga-karakternya

P, R. (2020). Daya Tarik Interaksi Dunia Maya (Studi Perilaku Phubbing Generasi Milenial). Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 8(1), 96–105. doi: 10.26618/equilibrium.v8i1.3130

Pemerintah Pusat. UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional [JDIH BPK RI]. , Pub. L. No. 20 (2003).

Prihatin, E. (2011). Manajemen Peserta Didik (1 ed.). Bandung: Alfabeta.

Rizkinaswara, L. (2020, Januari 28). Revolusi Industri 4.0. Diambil 7 Januari 2023, dari Ditjen Aptika website: https://aptika.kominfo.go.id/2020/01/revolusi-industri-4-0/

Santoso, B. (2018, Juli 28). Esensi Manusia Sebagai Makhluk Sosial. Diambil 6 Januari 2023, dari Fakultas Adab dan Humaniora website: https://adab.radenfatah.ac.id/main/index.php/2018/07/28/esensi-manusia-sebagai-makhluk-sosial/

Setiawan, S. (2014). STRATEGI DAKWAH ROHIS DALAM MENANAMKAN NILAI-NIlLAI AGAMA DI SMAN 1 LEUWILIANG BOGOR (UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA). UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA, Jakarta. Diambil dari https://123dok.com/article/sejarah-perkembangan-rohis-temuan-dan-analisa.dy4xm1kz

Subarkah, M. (2019, November 2). Pelarang Jibab 1980-an: Dikeluarkan Sekolah, Jilbab Beracun. Diambil 6 Januari 2023, dari Republika Online website: https://republika.co.id/share/q0bmat385

Sugiyono, S. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Tim Nurul Fikri Boarding School. (2013). 2000 Pelajar Memadati Silaturahim Rohis Nasional. Diambil 6 Januari 2023, dari https://nfbslembang.sch.id/posts/view/2000-pelajar-memadati-silaturahim-rohis-nasional

Tim Redaksi. (2016). Mengenal Generasi Millennial | Republika Online. Diambil 7 Januari 2023, dari https://www.republika.co.id/berita/koran/inovasi/16/12/26/ois64613-mengenal-generasi-millennial

Tim Widuri. (2021, Juni 10). “Menjadi Generasi Millennial yang Selalu Kreatif, Aktif, dan Inovatif.” Diambil 7 Januari 2023, dari WIDURI.AC.ID website: https://widuri.ac.id/menjadi-generasi-millennial-yang-selalu-kreatif-aktif-dan-inovatif/

Upe, A., & Damsid, D. (2010). Asas-Asas Multiple Researches. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Wadjidi, F. (2012). Menunggu Penjelasan Bambang Pranowo dan Metro TV Soal ’Rohis Teroris’—Kompasiana.com. Diambil 6 Januari 2023, dari https://www.kompasiana.com/farid_wadjdi/5517a98aa33311b207b65e22/menunggu-penjelasan-bambang-pranowo-dan-metro-tv-soal-rohis-teroris

Wikipedia. (2022). Rohani Islam. Dalam Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. Diambil dari https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Rohani_Islam&oldid=22478509

Published
2023-01-14