MEMBANGUN KOMUNIKASI EFEKTIF GURU DAN PESERTA DIDIK DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SMK SAMUDERA BUANA LANGKAPLANCAR

  • Eva Mustikasari Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al-Farabi Pangandaran
  • Najmul Umam Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al-Farabi Pangandaran
Keywords: Efektivitas, komunikasi, belajar mengajar

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana Efektivitas komunikasi guru dan peserta didik dalam proses belajar mengajar. komunikasi yang efektif juga berguna untuk mencegah atau mengatasi masalah yang terjadi, apabila bisa membangun komunikasi yang baik maka lawan bicara bisa mengerti apa maksud dibicarakan.. Sehingga tidak menimbulkan adanya masalah atau konflik. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Metode yang di pakai dalam penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan keadaan objek yang di teliti sesuai data yang didapatkan saat prosespenelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan wawancara dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Reduksi Data, Penyajian Data serta Penarikan Kesimpulan. Uji keabsahan data dalam penelitian ini yaitu uji credibility, transferability, dependability dan confirmability. Hasil pengumpulan data dari penelitian ini bahwa komunikasi antara guru dan peserta didik di SMK Samudera Buana sejauh ini sudah efektif dan sangat membantu untuk kelancaran proses pembelajaran.

Published
2023-01-17
How to Cite
Mustikasari, E., & Umam, N. (2023). MEMBANGUN KOMUNIKASI EFEKTIF GURU DAN PESERTA DIDIK DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SMK SAMUDERA BUANA LANGKAPLANCAR. Lunggi Journal, 1(1), 24-31. Retrieved from https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/lunggi/article/view/1582