MANAJEMEN KONFLIK KEBIJAKAN FUNGSI WAKASEK KESISWAAN DALAM PENGAWASAN KEGIATAN EXTRAKULIKULER DI MTs MA’ARIF AL HUKMAH MEKARSARI

  • Abdul Mu’ti Sobahi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al-Farabi Pangandaran
  • Andi Setiawan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al-Farabi Pangandaran
Keywords: Student Wakasek, Konplik, Extracurricular

Abstract

Pengawasan terhadap suatu program yang di regulasikan oleh lembaga pendidikan di jenjang Madrasah Tsanawiyah, di laksanakan untuk pemantauan program sekolah yang salah satunya adalah program pengembangan bakat extrakulikuler. Program pengembangan bakat tersebut di awasi supaya terealisasi dengan baik dan dapat berdampak maksimal pada peserta didik. Pendekatan kualitatif deskriptif dijadikan sebagai metode penelitian yang di laksanakan di lembaga tersebut, metode penumpulan data di laksanakan dengan metode wawancara terhadap objek penelitian. Pendekatan dalam pengawasan kinerja wakasek kesiswaan dalam mengatasi konflik dalam bidang penyebaran peminatan siswa dalam program extrakulikuler seni dan MTQ. Pengawasan tersebut di tempuh dengan metode manajemen yang terdiri dari tahapan planning, organizing, actuating, dan controlling. Planning dalam penyelesaian konflik tersebut memuat konsepan penyelsaian setiap jenis permasalahan, dan organizing penentuan orang yang mengeksekusi setiap permasalahan sesuai dengan kelahilan dan wewenang yang di amanatkan oleh lembaga. Actuating pelaksanaan dalam segala bentuk konsep yang di rancang, dan controlinh di laksanakan dengan cara observasi dan pengawasan secara langsung ke lapangan di bantu dengan pengecekan di akhir pelaksanaan.

References

Arizki, M. (2020). Pendidikan Agama Islam Era Revolusi 4.0. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam 4.2.
Arif, Saiful Nur. (2002). “Dasar - Dasar Manajemen Dalam Teknologi Informasi.” Annals of the New York Academy of Sciences 976 (2): 157–58. https://doi.org/10.1111/j.1749-6632.2002.tb04736.x.
Efrizoni, F. (2014). Efektivitas Penerapan Strategi Belajar Inkuiri dan Pengaruhnya Terhadap Belajar Siswa SLTP. Jakarta: UNJ Press.
Noor Yanti, Rabiatul Adawiah, Harpani Matnuh. (2016). “Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Rangka Pengembangan Nilai - Nilai Karakter Siswa Untuk Menjadi Warga Negara Yang Baik Di SMA Kopri Banjarmasin.” Remaja Rosdakarya : Bandung 6 (11): 965.
Paudi, Sulistia, and Arifin Suking. (2020). “Jurnal Manajemen Pendidikan Kinerja Wakil Kepala Sekolah Menengah Pertama Dilihat Dari Tugas Pokok Dan Fungsinya Performance of The Vice Principals of Junior High Schools Viewed from Their Main Duties” 2 (2): 192–205.
Saputra, S. D. (2016). Pengaruh Religiusitas Terhadap Manajemen Stres Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Kasihan. Yogyakarta: UNY Press.
Sugiono. (2005). Metode Penelitian Kulitatif. Jakarta: Alfabeta.
Wahyudi. (2008). Manajemen Konflik dalam Organisasi, Pedoman Praktis bagi Pemimpin Visioner. Pontianak: Alfabeta.
Wiwit, Sriwulandari. (2015). “Metadata, Citation and Similar Papers at Core.ac.uk 4.” Jurnal Al Ta’dib 5 (December): 118–38.
Published
2023-01-17
How to Cite
Mu’ti Sobahi , A., & Setiawan, A. (2023). MANAJEMEN KONFLIK KEBIJAKAN FUNGSI WAKASEK KESISWAAN DALAM PENGAWASAN KEGIATAN EXTRAKULIKULER DI MTs MA’ARIF AL HUKMAH MEKARSARI. Lunggi Journal, 1(1), 38-42. Retrieved from https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/lunggi/article/view/1587