UPAYA GURU MENGATASI KETERLAMBATAN MEMBACA PADA PESERTA DIDIK DI KELAS III MI RAUDHATUL ULUM PARIT SETIA TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Abstract
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui upaya Guru dalam mengatasi keterlambatan membaca di Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Raudhatul Ulum Parit Setia, yaitu : (a) Upaya guru mengatasi keterlambatan membaca pada peserta didik dengan cara memnberikan dukungan khusus dari ekternal yaitu adanya dorongan dan pengawasan dari orangtua. (b) Cara guru mengatasi keterlambatan membaca pada peserta didik dengan melakukan bimbingan khusus pada peserta didik yang mengalami kesulitan membaca dengan cara bimbingan khusus dari guru seperti les, buku khusus pada peserts didik untuk ditekankan membaca kata demi kata. (c) Faktor faktor pendukung dalam meningkatkan kelancaran membaca pada peserta didik yaitu faktor eksternal yaitu paling penting adanya dukungan pembelajaran dari orangtua dalam meningkatkan motivasi anak untuk belajar membaca.
References
Departemen Agama RI. (1976). Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: Bumi Restu.
Feldmen, William. (2001). Mengatasi Gangguan Belajar Pada Anak. Jakarta: Penerjemah Sudarmaj. Prestasi Putra.
Husman, Husaini dan Purnomo Setiady Akbar. (2000). Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.
Muhibbin Syah, Muhibbin. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Moloeng, Lexy. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rahim, Farida. (2005). Pengajaran membaca di sekolah dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Somantri, Sutjihati. (2005). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Refika Aditama.
Syarifuddin dkk. (2012), Ilmu Pendidikan Islam: Melejitkan Potensi Budaya Umat, Jakarta: Hijri Pustaka Utama