MANAJEMEN KONFLIK KEBIJAKAN SARANA PENDIDIKAN PADA JURUSAN TEKNIK KOMPUTER JARINGAN DI SMK AL MASTURIYAH LANGKAPLANCAR
Abstract
Manajamen konflik ini digunakan untuk penganan dari konflik yang muncul dan membuat program yang bisa memperbaiki dari segi kualitas dan kuantitas program teknik computer jaringan. Metode yang di gunakan melalui pendekatan kualitatif deskriptif, dengan metode pengumpulan data dengan wawancara terhadap objek penelitian. Manajemen konflik yang terjadi dalam kebijakan mengenai sarana pembelajaran dalam bidang jurusan teknik computer jaringan, yang menimbulkan konflik dari segi alokasi penggunaan sarana tersebut, dan penggunaan di luar jam sekolah. Hal tersbut bisa muncul dari tingginya minat siswa dalam mendalami pembelaajran di bidang teknik computer jaringan. Maka pihak sekolah mengatur konflik tersebut dengan tahapan perencanaan penanganan, pelaksanaan, dan pengawasan. Ketiga hal tersebut menjadi paktor utama dalam penanganan manajemen konflik yang muncul di sekolah tersebut.
References
Ana Widyastuti, N. L. (2020). Manajemen Konflik Berbasis Sekolah. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Bafadhol, I. (2017). Lembaga Pendidikan Islam Di Indoesia. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam Vol. 06, No. 11, 59-72.
Basori. (2019). Penerapan Project Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Kompetensi Instalasi Sistem Operasi Berbasis Gui Dan Cli Pada Siswa Kelas X Tkj Di Smk N 1 Sawit. Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan Vol. 11, No. 1, 8.
Irwanto. (2015). Link and Match Pendidikan Kejuruan Dengan Dunia Usaha Dan Industri Di Indonesia. Pendidikan Indonesia, 6.
Navila, R. (2021). Manajemen Konflik Marketing Pendidikan Islam Era 4.0. Pamekasan: Duta Media Publishing.
Rahman, A. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam Vol. 2, No. 1, 1-8.
Sugiono. (2005). Metode Penelitian Kulitatif. Jakarta: Alfabeta.
Sumarto. (2019). Manajemen Mutu Sekolah Melalui Pelaksanaan Dan Pengawasan Program Kerja. Literasiologi Vol. 2, No. 2 , 13.