UPAYA GURU KELAS DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS V DI SDN 15 KARTIASA KABUPATEN SAMBAS TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapka tentang: 1) Upaya guru kelas dalam dalam pembentukan karakter disiplin siswa kelas V di SDN 15 Kartiasa tahun pelajaran 2021/2022; 2) Faktor pendukung dan penghambat upaya guru kelas dalam membentuk karakter disiplin siswa kelas V di SDN 15 Kartiasa tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Upaya guru kelas dalam pembentukan karakter disiplin siswa kelas V di SDN 15 Kartiasa tahun pelajaran 2021/2022 melakukan pembiasaan dan memberikan keteladanan yang baik kepada siswa; 2) Faktor pendukung dan penghambat upaya guru kelas dalam membentik karakter disiplin siswa kelas V di SDN 15 Kartiasa tahun pelajaran 2021/2022 ialah sebagai berikut: a) Faktor pendukungnya yaitu adanya dukungan dari kepala sekolah, adanya kerjasama antara orang tua dengan guru, dan adanya kesadaran dari diri siswa; b) Faktor penghambatnya yaitu, adat atau kebiasaan, keturunan, lingkungan, dan kurangnya dukungan dari orang tua siswa
References
Hery Noer Aly. (1999). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Logos.
Mulyasa. (2006). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Yang Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosda Karya.
Mutjahid. (2013). Pengembangan Profesi Guru.
Nasirudin. (2011). Pendidika
n Tasawuf,. Semarang: Rasail Media Group.
Presiden RI. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. , (2003).
Putra, P. (2017a). Internalisasi Pendidikan Karakter pada Pembelajaran IPA melalui Model Konstruktivisme di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sebebal. Muallimuna, 2(2), 75–88. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v2i2.770
Putra, P. (2017b). Internalisasi Pendidikan Karakter pada Pembelajaran IPA melalui Model Konstruktivisme di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sebebal. Mualimuna, 2(2), 75–88.
Satini. (2022). Hasil Wawancara selaku wali kelas V.
Sayyid, M., & Muhammad Az Za’balawi. (2007). Pendidikan Remaja antara Islam dan Ilmu Jiwa. (Jakarta: Gema Insani Press.
Supardi. (2010). Sekolah Efektif (Konsep Dasar dan Praktiknya). Jakarta.
Supardi. (2013). Sekolah Efektif (Konsep Dasar dan Praktiknya). Rajawali: Press.
Usman, H., & Purnmo Setiady Akbar. (2009). Metodologi Penelitian Sosial. (Jakarta: Bumi Aksara.
Zubaedi. (2009). Desain Pendidikan Karakter,. Yogyakarta.