UPAYA GURU MENGAJI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN PADA ANAK USIA 5-16 TAHUN DI DESA JELUTUNG KECAMATAN PEMANGKAT KABUPATEN SAMBAS
Abstract
Penelitian ini dilakuan karena adanya penurunan prestasi belajar Al-Qur’an, kurangnya motivasi dalam membaca Al-Qur’an oleh sebab itu diperlukan adanya upaya guru mengaji dalam meningkatkan motivasi belajar membaca Al-Qur’an pada anak usia 5-16 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan secara jelas tentang; 1) Bagaimana motivasi belajar membaca Al-Qur’an pada anak usia 5-16 tahun di Desa jelutung kecamatan pemangkat Kabupaen Sambas. 2) Upaya guru mengaji dalam meningkatkan motivasi membaca al-Qur’an pada anak usia 5-16 Tahun di Desa jelutung Kecamatan Pemangkat kabupaten sambas. 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkn motivasi belajar membaca al-Qur’an pada anak usia 5-16 tahun di Desa Jelutung Kecamatan pemangkat kabupaten sambas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara,observasi,dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, display data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menympulkan bahwa: 1. Motivasi belajar membaca al-Qur’an yaitu memberikan nasihat atau renungan. Saat mengajar hrus menampakkan wajah yang ceria. Mempunyai wawasan dan pengetahuan mengenai bidang al-Qur’an seperti menguasai makhrijul huruf, hukum bacaan tajwid, tanda baca dan juga bisa membaca al-Qur’an dengan indah. 2. Upaya guru mengaji yaitu dengan menumbuhkan minat anak-anak, memberikan hadiah. 3. Faktor-faktor yang mempengaruhi guru mengaji yaitu hubungan yang baik antara guru mengaji dengan orang tua anak. Kurangnya kedisiplinan, manajemen waktu, faktor urangnya daya ingat anak atau konsentrasi.
References
Baskoro, W. (2005). Kamus lengkap Bahasa Indonesia. Setia Kawan.
Irmawati. (2013). Upaya Orang Tua dalam memberikan Motivasi Belajar Al-Qur’an Kepada Anak Di TPQ Nurul Huda Desa sendoyan Kecamatan sejangkung Tahun 2013. Skripsi pada Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syaifuddin Sambas.
Khairani, K. M. (n.d.). Kontribusi Ekspektasi Karir, Motivasi Belajar Siswa, Dan Kualitas Sarana Laboratorium Terhadap Kualitas Pelaksanaan Pembelajaran Praktikum. Jurnal Administrasi Pendidikan, 4–10.
Nawawi. (2011). Riyadhusshalihin. Insan Kamil.
Ormrod, J. E. (2009). Psikologi Pendidikan: Membantu Siswa Tumbuh Dan Berkembang jilid 2. Erlangga.
Prasetya, T. J., & Ahmad, A. A. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia.
Purwanto, M. N. (12028). Psikologi pendidikan. Remaja Rosda Karya.
Sardiman, A. M. (2020). Interaksi & motivasi belajar mengajar. PT RajaGrafindo Persada.
Shihab, M. Q. (2008). Sejarah dan Ulum Al-Qur’an. Pusataka Firdaus.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. PT Rineka Cipta.
Suhadi, E., Mujahidin, E., Bahruddin, E., & Tafsir, A. (2014). Pengembangan Motivasi dan Kompetensi Guru dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di Madrasah. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 42. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v3i1.570
Sukmadinata, N. S. (2003). Landasan Psikologis proses Pendidikan. Remaja Rosda Karya.
Sundari, K. (2020). Upaya Guru Mengaji dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada Anak Usia 6-7 Tahun di Desa Merpati Dusun Pauh Kecamatan Tangaran Kabupaten sambas. Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syaifuddun Sambas tahun.
Tim Penyusun. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. In Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional (VI, Vol. 4, Issue 3). Pusat Bahasa Departemen Pendidikan NAsional. http://marefateadyan.nashriyat.ir/node/150