UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PASCA PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SMP NEGERI 08 TELUK KERAMAT TAHUN PELAJARAN 2021/2022

  • Dede Wahyuni INSTITUT AGAMA ISLAM SULTAN MUHAMMAD SYAFIUDDIN SAMBAS
  • Suriyadi Suriyadi INSTITUT AGAMA ISLAM SULTAN MUHAMMAD SYAFIUDDIN SAMBAS
  • Asyruni Multahada INSTITUT AGAMA ISLAM SULTAN MUHAMMAD SYAFIUDDIN SAMBAS
Keywords: upaya, Minat Belajar, Pasca Pembelajaran Daring

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana minat belajar siswa pasca pembelajaran daring khususnya di SMP Negeri 08 Teluk Keramat yang merupakan salah satu sekolah yang menerapkan proses pembelajaran daring selama covid-19.  pada era new normal kabupaten sambas sudah memasuki zona kuning dan telah memulai kembali aktivitas pembelajaran tatap muka dengan sistem menerapkan protokol Kesehatan. Penelitian ini bersifat deskriftif kualitatif dan teknik pengumpulan data dari penilitian ini adalah wawancra, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan:1.Minat belajar siswa baik, yaitu dengan menunjukan indikator minat belajar perasaan senang, keterlibatan siswa, ketartarikan siswa, dan perhatian siswa; 2.kendala yang di hadapi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan minat belajar siswa pasca pembelajaran daring adalah waktu belajar yang sedikit, intelegensi yang rendah, motivasi yang rendah, faktor keluarga dan masyarakat.; 3. Usaha yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa pasca pembelajaran daring adalah dengan memberikan pujian, melakukan pendekatan kepada siswa, melakukan mimik/ gerak badan, memberikan metode pembelajaran yang bervariasi, melakukan kegiatan yang dapat menyenangkan hati siswa.

References

Bungin, Burhan. 2007. Metode Penelitian Kualitatif: Aktualisasi Metodelogis Kea Rah Ragam Varian Kontemporer. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Muhaimin. 2006. Nuansa Baru Pendidikan Islam Mengurai Benang Kusut Dunia Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Mujahidin & Adnan Mahdi. 2014. Panduan Penelitian Praktis Untuk Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.
Mulyani. 2009. Mewujudkan Suasana Kelas Yang Menyenangkan Bagi Siswa Malang: UIN Malang Press.
Pratama & Mulyati. Tahun 2020. “Pembelajaran Daring dan Luring Pada Masa Pandemi Covid-19,” dalam Jurnal Gagasan Pendidikan Indonesia, Vol. 01, No. 02 /Tahun 2020, hlm. 51.
Pratama & Mulyati. Tahun 2020. “Pembelajaran Daring dan Luring Pada Masa Pandemi Covid-19,” dalam Jurnal Gagasan Pendidikan Indonesia, Vol. 01, No. 02 /Tahun 2020, hlm. 51.
Purwanto, Ngalim. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Slamet Rozikin, “Hubungan Minat Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia di SMA Negeri 1 Tebat Karai”, dalam Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, Vol.02, No. 01/Tahun 2018, hlm.80.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sutiono, M.Sobbry. & Pupuh Fathurrohman. 2009. Strategi Belajar Mengajar dan Strategi Mewujudkan Pembelajaran Bermakna Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami. Bandung: PT Refika Aditama.
Syah, Muhibbin. 2009. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Usman, Uzer. 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Yuliana, 2020. “Corona Virus Diseases (Covid-19): Suatu Tinjauan Literatur, dalam jurnal Wellness and Healthy Magazine, Vol. 02, No. 01/Tahun 2020. hlm. 189.
Published
2023-04-04
How to Cite
Wahyuni, D., Suriyadi, S., & Multahada, A. (2023). UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PASCA PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SMP NEGERI 08 TELUK KERAMAT TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Lunggi Journal, 1(2), 123-132. Retrieved from https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/lunggi/article/view/1837