PENGARUH PERMAINAN KOTAK HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AWAL ANAK DI TK TARBIYATUL ISLAM TAHUN PELAJARAN 2020-2021

  • DITA MAILINDA INSTITUT AGAMA ISLAM SULTAN MUHAMMAD SYAFIUDDIN SAMBAS
  • SARIPAH SARIPAH INSTITUT AGAMA ISLAM SULTAN MUHAMMAD SYAFIUDDIN SAMBAS
  • AHMAD RATHOMI INSTITUT AGAMA ISLAM SULTAN MUHAMMAD SYAFIUDDIN SAMBAS
Keywords: Pengaruh, Permainan Kotak Huruf, Kemampuan Membac Awal

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan tentang: 1) Kemampuan membaca awal anak pada kelompok eksperimen setelah mengikuti permainan kotak huruf di TK Tarbiyatul Islam Tahun Pelajaran 2020-2021; 2) Kemampuan membaca awal anak pada kelompok kontrol yang tidak mengikuti permainan kotak huruf di TK Tarbiyatul Islam Tahun Pelajaran 2020-2021; 3) Perbedaan kemampuan antara membaca awal anak pada kelompok eksperimen dan kelompok setelah mengikuti permainan kotak huruf di TK Tarbiyatul Islam Tahun Pelajaran 2020-2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian Komparatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dan teknik dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, paparan data, analisis data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Kemampuan membaca awal anak pada kelompok eksperimen setelah mengikuti permainan kotak huruf pada anak kelompok B di TK Tarbiyatul Islam Tahun Pelajaran 2020-2021 sebesar 47,5% berada pada interval kategori 40 – 59,9% berada pada kategori “cukup.” artinya kemampuan membaca awal anak baru berada pada tahap mulai berkembang. 2. Berapa tinggi kemampuan membaca awal anak pada kelompok kontrol yang tidak mengikuti permainan kotak huruf pada anak kelompok B di TK Tarbiyatul Islam Tahun Pelajaran 2020-2021 sebesar 44,67% berada pada interval kategori 40 – 59,9% berada pada kategori “cukup.” artinya kemampuan membaca awal anak baru berada pada tahap mulai berkembang. 3. Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan membaca awal anak pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah mengikuti permainan kotak huruf pada anak di TK Tarbiyatul Islam Tahun Pelajaran 2020-2021.  Dibuktikan dengan nilai (mann-whitney u=38,500); Z : -0,921; p (sig) = 0,393 > 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifika kemampuan membaca awal di TK Tarbiyatul Islam Tahun Pelajaran 2020-2021 antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Bisa juga dimaknai permainan kotak huruf tidak efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca awal anak usia dini di TK Tarbiyatul Islam. Tanda minus (-) pada nilai Z menunjukan bahwa rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi dari kelompok kontrol.

References

Akkhadiah, Sabarti, dkk. 1992. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Departemen Pendidikan Nasional. 2011. Al-Qur’an dan Terjemahan. Jakarta: Fokus Media.
Depdiknas. 2007. Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Bahasa di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan TK dan SD.
Kementrian Agama RI. 2010. Al-Qur’an dan Tafsirnya. Jakarta: Lentera Abadi.
Nisfiannoor, Muhammad. 2013. Pendekatan Statistika Modern, Aplikasi dengan Software SPSS dan EViews. Jakarta: Universitas Trisakti.
Riduwan H. & Sunarto. 2011. Pengantar Statistik untuk Penelitian, Pendidikan, Sosial, Komunikasi, Ekonomi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Shihab, M. Quraish Shihab. 2002. Tafsir Al-Mishbah, Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati.
Sudjiono, Yuliani Nurani. 2012. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana.
Suyadi. 2010. Psikologi Belajar Anak Usia Dini. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.
Syafaruddin. 2012. Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat. Medan: Perdana Publishing.
Ulfah Maulidya & Suyadi. 2013. Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hasil Wawancara dengan Ibu Hamdiah, Pada Tanggal 5 Agustus 2020, di TK Tarbiyatul Islam Sambas.
Dewi, Putu Linda Asmara, dkk, 2014. “Penerapan Metode Bercakap-Cakap Berbantuan Media Kotak Alfabet Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan Anak Kelompok B.” Jurnal PG PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja Indonesia, Vol. 2, No. 1 / Tahun 2014, hlm. 4.
Pertiwi, Adharina Dian. 2016. “Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak TK Kelompok B di Gugus 1 Kecamatan Seyegan Sleman.” Jurnal Pendidikan Guru PAUD Universitas Negri Yogyakarta, Vol. 5, No. 3 / Tahun 2016, hlm. 258-760.
Rahayuningsih, Sheila Septiana, dkk. 2019. “Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermain Dengan Media Kotak Pintar.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Universitas Kristen Satya Wacana, Vol. 9, No. 1 / Tahun 2019, hlm. 11-13.
Sujarwo. 2016. “Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Vidio Compact Disc Pada Anak Usia 5-6 Tahun.” Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat Universitas Negeri Yogyakarta Vol. 3, No. 1 / Tahun 2016, hlm. 30.
Sumaliwati, Ni Putu Hery Sri, dkk. 2015. “Penerapan Metode Bermain Dengan Media Kotak Huruf Untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Pada Anak.” Jurnal PG PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja Indonesia, Vol. 3, No. 1 / Tahun 2015, hlm. 1-4.
Yuliantini, Sera. 2017. “Alat Permainan Edukatif Anak Usia Dini.” Jurnal Edukatif IAIS Sambas, Vol. 3, No. V / Tahun 2017, hlm. 42-43.
Published
2023-06-26
How to Cite
MAILINDA, D., SARIPAH, S., & RATHOMI, A. (2023). PENGARUH PERMAINAN KOTAK HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AWAL ANAK DI TK TARBIYATUL ISLAM TAHUN PELAJARAN 2020-2021. Lunggi Journal, 1(2), 263-275. Retrieved from https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/lunggi/article/view/2110