IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN DALAM MENINGKATKAN AKHLAK MAHMUDAH PADA ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK IDHATA SEMPARUK TAHUN PELAJARAN 2022-2023

  • JULIANI NINGSIH INSTITUT AGAMA ISLAM SULTAN MUHAMMAD SYAFIUDDIN SAMBAS
  • SUHARI SUHARI INSTITUT AGAMA ISLAM SULTAN MUHAMMAD SYAFIUDDIN SAMBAS
  • HADISA PUTRI INSTITUT AGAMA ISLAM SULTAN MUHAMMAD SYAFIUDDIN SAMBAS
Keywords: Penerapan, metode pembiasaan akhlak, mahmudah

Abstract

Penelitian ini berawal dari fakta bahwa anak ditemukan memiliki sikap dan perilaku yang tidak sopan di mana anak tersebut sering menggunakan kata-kata kasar atau bahasa yang tidak baik diucapkan tanpa mengetahui arti dari apa yang mereka katakan. penerapan metode pembiasaan yang digunakan guru dalam meningkatkan karakter mahmudah pada anak kelompok B TK IDHATA tahun pelajaran 2022-2023 menjelaskan tentang pelaksanaan pembiasaan dan evaluasi dalam melakukan metode pembiasaan. teknik pengumpulan data penelitian dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi wawancara yang digunakan adalah reduksi data, menampilkan data dan menarik kesimpulan teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan member check hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1).guru menyusun RPPH (Harian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) terlebih dahulu agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik (2). a) guru mengkondisikan anak ( b). guru anak (c). Guru meminta anak melakukan kegiatan pembiasaan (d). Guru mengontrol kegiatan dan (3). Guru dapat mencerminkan akhlak yang baik, perilaku yang baik, perilaku yang baik dan perkataan yang dijadikan contoh kepada anak-anak melalui pembiasaan, guru membutuhkan waktu yang lama dan visi yang luar biasa dan selalu memberikan rangsangan kepada anak-anak.

References

Abdullah, M. Yatimin. 2007. Studi Akhlak dalam Perspektif Al-Quran. Jakarta: Amzah
Al-Ghazali, 1995. Ihya’ Ulumuddin Juz 3. Qahirah: Isa Al-Bab Al-Halabi.
Amin, Samsul Munir. 2016. Ilmu Akhlak. Jakarta: Amzah.
Anjali Sriwijbant, Anisa Amalia dkk. 2020. Antologi Hadist Tarbawi. Jawa Barat: Edu Publisher.
Anwar, Rosihan. 2010. Asas Kebudayaan Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Aqib, Zainal. 2011. Pendidikan Karakter Membangun Pendidikan Positif Anak Bangsa. Bandung: Yrama Widya.
Aqib. 2011. Pedoman Teknis Penyelenggaraan PAUD. Bandung: Nuansa Aulia.
AR, Zahruddin. 2004. Pengantar Ilmu Akhlak. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Arief, Armai. 2022. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press.
Arifin, Zainal. 2011. Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Awaluddin, Akmalia. Rizki dkk. 2022. Manajemen Kinerja di Lembaga Pendidikan Islam. Pasaman Barat: CV. Azka Pustaka.
Azizy, A & Qodri, A. 2003. Pendidikan Agama untuk Membangun Etika Sosial. Semarang: CV. Aneka Ilmu.
Darajat, Zakiyah. dkk. 2008. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara
Fadhillah. 2016. Desain Pembelajaran PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Fadilah, Muhammad & Kholida, lilif Mualifatu. 2013. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Konsep dan Aplikasinya dalam PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz
Fadillah, Muhammad. 2014. Desain Pembelajaran Paud. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.
Suhana cucu & Hanafiah. 2012. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama
Iqbal, M & Hasan. 2002. Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian Dan Aplikasinya. Bogor: Ghalia Indonesia.
Isjoni. 2010. Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta.
Kompri. 2017. Standardisasi Kompetensi Kepala Sekolah. Jakarta: Kencana.
Lestariningrum, Anik. 2017. Perencanaan Pembelajaran Anak Usia Dini. Kediri: CV. Adjie media Nusantara.
Mansur. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mansur. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Martuti, A. 2019. Mendirikan dan Mengelola PAUD. Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Masnur, Muslich. 2007. Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.
Suhana cucu & Hanafiah. 2012. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama
Isjoni. 2010. Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta.
Kunandar. 2011. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai pengembangan Profesi
Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persad
Kompri. 2017. Standardisasi Kompetensi Kepala Sekolah. Jakarta: Kencana.
Martuti, A. 2019. Mendirikan dan Mengelola PAUD. Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Published
2023-06-26
How to Cite
NINGSIH, J., SUHARI, S., & PUTRI, H. (2023). IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN DALAM MENINGKATKAN AKHLAK MAHMUDAH PADA ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK IDHATA SEMPARUK TAHUN PELAJARAN 2022-2023. Lunggi Journal, 1(2), 276-288. Retrieved from https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/lunggi/article/view/2113