FUNGSI NILAI AKHIR DAN FAKTOR FAKTOR YANG TURUT DIPERHITUNGKAN DALAM PENILAIAN
Abstract
Penilaian (assesment) adalah penerapan berbagai cara dan penggunaan beragam alat penilaian untuk memperoleh informasi tentang sejauh mana hasil belajar siswa atau pencapaian kompetensi (rangkaian kemampuan) siswa. Penilaian menjawab pertanyaan tentang sebaik apa hasil atau prestasi belajar seorang siswa.Pengukuran adalah proses pemberian angka atau usaha memperoleh deskripsi numerik dari suatu tingkatan bila seorang siswa telah mencapai karakteristik tertentu.” Hasil penilaian dapat berupa nilai kualitatif (pernyataan naratif dalam kata-kata) dan nilai kuantitatif (berupa angka).Pengukuran berhubungan dengan proses pencarian atau penentuan nilai kuantitatif tersebut. Data informasi yang diperoleh guru selama pembelajaran berlangsung dijaringdan dikumpulkan melalui prosedur dan alat penilaian yang sesuai dengankompetensi dasar atau indikator yang akan dinilai.
References
Ismail, M. I. (2021). EVALUASI PEMBELAJARAN - Rajawali Pers. PT. RajaGrafindo Persada.
Kurniawan, H., Hakim, L., Sanulita, H., Maiza, M., Arisanti, I., Rismawan, M., Sudipa, I. G. I., Daryaswanti, P. I., Kharisma, L. P. I., akbar, J. S., Haryani, H., & Amalia, M. M. (2023). TEKNIK PENULISAN KARYA ILMIAH: Cara membuat Karya Ilmiah yang baik dan benar. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Moleong, L. J. (1989). Metodologi penelitian kualitatif. Remadja Karya.
M.Pd, A. Y. (2021). model project based learning untuk meningkatkan motivasi belajar pendidikan jasmani. Ahlimedia Book.
Sani, R. A. (2022). Penilaian Autentik. Bumi Aksara.
Studi korelasi strata ekonomi orangtua dengan prestasi belajar aqidah akhlak siswa di Madrasah Ibtidaiyah NU Baros kota Pekalongan—Walisongo Repository. (n.d.). Retrieved July 25, 2023, from http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2267/
Susanto, A. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini: Konsep dan Teori. Bumi Aksara.
Wahyuningsih, E. S. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa. Deepublish.