STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA SISWA KELAS IV DI MIS TARBIYAH TEBAS TAHUN PELAJARAN 2021-2022

  • Suryati Suryati INSTITUT AGAMA ISLAM SULTAN MUHAMMAD SYAFIUDDIN SAMBAS
  • Dewi Ferawati INSTITUT AGAMA ISLAM SULTAN MUHAMMAD SYAFIUDDIN SAMBAS
  • Mauizatul Hasanah INSTITUT AGAMA ISLAM SULTAN MUHAMMAD SYAFIUDDIN SAMBAS
Keywords: strategi, guru, kesulitan membaca siswa

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap tentang: 1.)Mendeskripsikan kesulitan membaca siswa kelas IV MIS Tarbiyah Tebas Tahun Pelajaran 2021-2022. 2.)Mendeskripsikan faktor-faktor kesulitan membaca siswa kelas IV MIS Tarbiyah Tebas Tahun Pelajaran 2021-2022. 3.)Mendeskripsikan strategi guru dalam mengatasi kesulitan membaca siswa kelas IV MIS Tarbiyah Tebas Tahun Pelajaran 2021-2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data,penyajian data, dan verifikasi pengambilan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kesulitan membaca siswa kelas IV MIS Tarbiyah Tebas Tahun Pelajaran 2021-2022, yaitu: kemampuan membaca siswa kelas IV mengalami peningkatan. 2) Faktor-faktor Kesulitan membaca siswa kelas IV MIS Tarbiyah Tebas Tahun Pelajaran 2021-2022 disebabkan karna tidak bias fokus dalam belajar membaca dan belum bisa mengenal huruf dengan baik sehingga susah untuk dapat menggabungkan huruf-huruf menjadi kata yang membuat siswa lambat dalam menerima pelajaran. 3) Langkah-langkah guru dalam mengatasi kesulitan membaca siswa kelas IV MIS Tarbiyah Tebas Tahun Pelajaran 2021-2022, sudah sesuai dengan perencanan yaitu: dengan cara mempersiapkan perangkat pembelajaran berupa RPP yang mana di dalamnya ada kegiatan pembelajaran yang interaktif, aktif dan menyenangkan siswa dalam belajar serta melaukan evaluasi

References

Djamarah, S. B. (2010). Guru dan Anak Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
Halimah, A. (2014). Metode Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan di SD/MI. Auladuna Vol.1 No. 2, 193.
Hasan, A. H. (2019). Rekonstruksi Paradigma Pembelajaran IPA (teori & Praktik di Madrasah). Jawa Timur: Uwais Inpirasi Indonesia.
Majid, A. (2018). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Mansyur, R. d. (2012). Asesmen Perkembangan. Jakarta: Raneka Cipta.
Prasurvey. (2021, 27 Kamis). Prasurvey, kelas IV MIS Tarbiyah Tebas. (Tarbiyah, Interviewer)
Setyawan, K. K. (2019). Perencanaan Pembelajaran IPS. Jawa Tengan: Lakeisha.
Slamet. (2017). Dasar-Dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Dasar, Edisi II, Cet.3. Surakarta: UNS Pres.
Supriyadi. (2021). Evaluasi Pendidikan. Pekalongan: PT NEM.
Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Susongko, E. S. (2021). Mengukur Validitas Tes. Kediri: Pemeral Edukreatif.
Usriyah, L. (2021). Perencanaan Pembelajaran. Jawa Barat: CV. Adanu Abimata.
Wasik, C. S. (2006). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.
Published
2023-08-25
How to Cite
Suryati, S., Ferawati, D., & Hasanah, M. (2023). STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA SISWA KELAS IV DI MIS TARBIYAH TEBAS TAHUN PELAJARAN 2021-2022. Lunggi Journal, 1(3), 389-397. Retrieved from https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/lunggi/article/view/2302