STRATEGI GURU MENGELOLA KELAS DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN AL-QUR’AN DAN HADIST DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH SEMANTIR TAHUN PELAJARAN 2021-2022

  • Hesty Mulyani INSTITUT AGAMA ISLAM SULTAN MUHAMMAD SYAFIUDDIN SAMBAS
  • Ubabuddin Ubabuddin INSTITUT AGAMA ISLAM SULTAN MUHAMMAD SYAFIUDDIN SAMBAS
  • Mauizatul Hasanah INSTITUT AGAMA ISLAM SULTAN MUHAMMAD SYAFIUDDIN SAMBAS
Keywords: strategi, mengelola kelas, konsentrasi belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap tentang: 1) Persiapan guru mengelola kelas untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas IV mata pelajaran Al-qur’an Hadist di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Semantir tahun pelajaran 2021-2022; 2) Langkah-langkah guru mengelola kelas untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas IV mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Semantir tahun pelajaran 202-2022; 3) Faktor pendukung dan penghambat guru mengelola kelas untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Semantir tahun pelajaran 2021-2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Persiapan guru mengelola kelas untuk meningkatkan konsetrasi belajar siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Semantir tahun pelajaran 2021-2022 terdiri dari beberapa persiapan yaitu: Yang pertama menyiapkan media pembelajaran. Yang kedua mengatur tempat duduk siswa. Yang ketiga menyiapkan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi. 2. Langkah-langkah guru mengelola kelas untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Semantir tahun pelajaran 2021-2022 yaitu: Yang pertama melaksanakan perencanaan pembelajarana (menyiapkan silabus dan RPP). Yang kedua melaksanakan pembelajaran. Yang ketiga melaksanakan evaluasi pembelajaran. 3. Faktor pendukung dan penghambat guru mengelola kelas untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Semantir tahun pelajaran 2021-2022 yaitu: Faktor pendukung: Persiapan guru yang matang sebelum melaksanakan pembelajaran, komunikasi yang baik antara guru dengan siswa. Faktor penghambat: sarana dan prasarana yang kurang memadai

References

Arifin, B. d. (2016). Microteaching: Teori dan Praktik Pengajaran yang Efektif & Kreatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Arikunto, S. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Depag. (2010). Al-Qur’an Tajwid dan Terjemah. Diponegoro: CV Penerbit Diponegoro.
Komariah, D. S. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Majid, A. (2012). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Sanjaya, W. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Shihab, M. Q. (2002). Tafsir Al-Misbah. Jakarta: Lentera Hati.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Published
2023-08-25
How to Cite
Mulyani, H., Ubabuddin, U., & Hasanah, M. (2023). STRATEGI GURU MENGELOLA KELAS DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN AL-QUR’AN DAN HADIST DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH SEMANTIR TAHUN PELAJARAN 2021-2022. Lunggi Journal, 1(3), 398-405. Retrieved from https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/lunggi/article/view/2303