STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA SLOW LEANER DI KELAS IV A MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 SAMBAS TAHUN PELAJARAN 2022-2023

  • Florinda Sheba Pratiwi INSTITUT AGAMA ISLAM SULTAN MUHAMMAD SYAFIUDDIN SAMBAS
Keywords: Strategi Guru, Motivasi Belajar, Siswa Slow Leaner

Abstract

Tujuan dari penelitian ini merupakan buat mengatakan mengenai: 1) Gimana Pemograman Strategi Guru dalam tingkatkan Dorongan berlatih anak didik. Berdaya slow leaner dikelas IV MIN 2 Sambas Tahun anutan 2022-2023; 2) Gimana Penerapan Strategi Guru dalam tingkatkan Dorongan berlatih anak didik Berdaya slow leaner di kategori IV MIN 2 Sambas Tahun anutan 2022-2023; 3) Gimana aksi Guru pada Strategi dalam tingkatkan Dorongan berlatih anak didik Berdaya slow leaner di kategori IV MIN 2 Sambas Tahun anutan 2022-2023; 4) Aspek dalam serta eksternal apa saja yang jadi Dorongan berlatih anak didik Berdaya slow leaner di kategori IV MIN 2 Sambas Tahun anutan 2022-2023. Riset ini memakai pendekatan kualitatif serta tipe riset fenomenologi. Metode pengumpulan informasi memakai pemantauan, tanya jawab serta pemilihan. Metode analisa informasi memakai pengurangan informasi penyajian informasi serta pencabutan kesimpulan. Ada pula metode pengecekan kesahan informasi memakai triangulasi serta member check. Hasil riset membuktikan kalau, pemograman program penataran strategi guru dalam tingkatkan dorongan berlatih anak didik berdaya slow leaner di kategori IV MIN 2 Sambas selaku selanjutnya: Pemograman program pembelajarn serta strategi guru itu ialah sesuatu yang wajib dipunyai oleh tiap guru, sebab seseorang guru wajib mengenali apa karakteristik ataupun keanehan yang dipunyai oleh anak didiknya. Penerapan strategi guru dalam tingkatkan dorongan berlatih anak didik berdaya slow leaner di kategori IV MIN 2 Sambas selaku selanjutnya. Terdapat sebagian langkah dalam penerapan fitur pemograman semacam pemetaan kompetensi bawah, pengembangan tema, pengembangan kompendium, konsep kategorisasi penerapan dalam penataran dan alat yang dipakai. Aksi strategi guru dalam tingkatkan dorongan berlatih anak didik berdaya slow leaner di kategori IV MIN 2 Sambas selaku selanjutnya: Bagi KBBI aksi merupakan aksi yang dilaksanakan buat menanggulangi suatu. aksi semacam bisa membangkitkan antusias anak slow leaner ialah: Senantiasa mengulang serta mengenang mengenai modul yang sudah di informasikan lebih dahulu. Aspek dalam serta eksternal strategi guru dalam tingkatkan dorongan berlatih anak didik berdaya slow leaner di kategori IV MIN 2 Sambas selaku selanjutnya: Ada pula aspek dalam serta eksternal merupakan aspek yang asalnya dari luar diri seeorang ataupun orang, aspek ini pula bisa mencakup area di dekat.

References

A Sudrajat. 2008. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik dan Model Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.
Afrilida Nurrahmawati. 2017. “Studi Kasus Tentang Motivasi Belajar Siswa Slow Learner Di Kelas III,” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6, no. 4.
Amir. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhn Khusus Lamban Belajar (Slow Learner). Jakarta: Luxima.
Arikunto, Suharsini. 2010. Prosedur Penelitian: satu pendekatan Pratik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsjad. 2013. Pendekatan Konstektual dalam Pembelajaran. Penerapannya Pada Anak Disabilitas Belajar), (Manado: Penerbit STAIN Manado Press.
Asra. 2019. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.
Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Alfabeta.
Burhan Bungin. 2012. Metodelogi Penelitian Kualitaitf : Aktualisasi Metodologis Ke Arah Ragam Variasi Kontermporer. Jakarta: Rajawali Pers.
Clark Moustaka. 1994. “Phenomenologichal Research Methods”.(California: SAGE Publications.
Dadang Garnida. 2015. Pengantar Pendidikan Inklusif. Bandung: Refika Aditama.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Khabibah. 2013. “Penanganan Instruksional Bagi Anak Lambat Belajar (Slow Learner)”, Didaktika, Vol. 19 Nomor 2 Februari.
Purwatiningtyas. 2014. “Strategi Pembelajaran Anak lamban Belajar (slow learners) di Sekolah Inklusi SD N egeri Giwangan Yogyakarta”, dalam Jurnal (Yogyakarta.
Published
2023-09-04
How to Cite
Pratiwi, F. S. (2023). STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA SLOW LEANER DI KELAS IV A MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 SAMBAS TAHUN PELAJARAN 2022-2023. Lunggi Journal, 1(3), 430-438. Retrieved from https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/lunggi/article/view/2342