STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH SEMANTIR TAHUN PELAJARAN 2021/2022

  • Juwaina Juwaina INSTITUT AGAMA ISLAM SULTAN MUHAMMAD SYAFIUDDIN SAMBAS
Keywords: Strategi, Guru, Kemampuan Membaca Pemahaman

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap tentang: 1) Perencanaan guru dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Semantir tahun pelajaran 2021/2022; 2) Pelaksanaan strategi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Semantir tahun pelajaran 2021/2022; 3) Evaluasi strategi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Semantir tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan guru dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Semantir tahun pelajaran 2021/2022 yaitu: a) Memotivasi siswa; b) Mempersiapkan silabus; c) Mempersiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). 2) Pelaksanaan strategi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Semantir tahun pelajaran 2021/2022 yaitu: a) Memberikan teks bacaan bergambar. Yang kedua menjelaskan materi bacaan; b) Membangun kosa kata yang kuat; c) Melatih keterampilan membaca siswa; d) Siswa memahami teks bacaan; e) Guru melakukan tanya jawab. Evaluasi strategi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Semantir tahun pelajaran 2021/2022 yaitu: a) Evaluasi isi bacaan yang memuat pemahaman siswa; b) Evaluasi tes ketepatan membaca secara lisan yang dilakukan perorangan.

References

Anggito Albi dan Johan Setiawan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak.
Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta: PT Rineka Cipta.
Bungin, Burhan. (2003). Analisi Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers.
Daradja Zakiyah. (1996). Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2009). Pengertian Belajar Membaca. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hadi, Amirul & Hariyono. (2005). Metodologi Penelitian dan Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Herliyanto. (2019). Membaca Pemahaman dengan Strategi KWL Pemahaman dan Minat Membaca. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Published
2023-09-04
How to Cite
Juwaina, J. (2023). STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH SEMANTIR TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Lunggi Journal, 1(3), 461-471. Retrieved from https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/lunggi/article/view/2345