Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Sebagai Media Komunikasi dan Informasi Guru Kelas I C dengan Orang Tua Siswa di SDS IT Sulthoniyah Sambas Tahun Pelajaran 2022-20223
Abstract
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan dan mengetahui tentang: 1) alasan guru kelas I C dan orang tua siswa memilih aplikasi whatsapp sebagai media komunikasi dan informasi di SDS IT Sulthoniyah Sambas, 2) pemanfaatan aplikasi whatsapp sebagai media komunikasi dan informasi guru kelas I C dan orang tua siswa di SDS IT Sulthoniyah Sambas tahun pelajaran 2022-2023, 3) implikasi dari pemanfaatan aplikasi whatsapp sebagai media komunikasi dan informasi guru kelas I C dan orang tua siswa di SDS IT Sulthoniyah Sambas tahun pelajaran 2022-2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan ialah fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara,observasi, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah reduksi data, display data/penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi dan ketekunan pengamatan. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Alasan guru kelas I C dan orang tua siswa memilih aplikasi whatsapp sebagai media komunikasi dan informasi karena penggunaannya yang sangat praktis, memudahkan proses komunikasi, dan penyebaran informasi baik dalam bentuk tulisan, foto, video atau file serta seluruh warga sekolah dan orang tua siswa sudah menggunakan aplikasi whatsapp, 2) Pemanfaatan aplikasi whatsapp oleh guru kelas I C dan orang tua siswa di SDS IT sulthoniyah Sambas difokuskan untuk berkomunikasi secara interpersonal terkait hal-hal yang masih berhubungan dengan sekolah, menyebarkan informasi di dalam grup whatsapp serta membangun kerja sama dalam menunjang proses belajar anak, 3) Implikasi dari pemanfaatan whatsapp oleh guru kelas I C dan orang tua siswa dapat meningkatkan komunikasi, membuat komunikasi menjadi lebih interakif, meningkatkan kerja sama guru dengan orang tua siswa, menjadi media informasi diantara keduanya, serta berkurangnya penggunaan surat sebagai pemberitahuan kepada orang tua atau izin anak kepada guru.
References
Fajhriani N, Dyla & Afnibar. 2020. “Pemanfaatan Whatsapp Sebagai Media Komunikasi Dosen Dan Mahasiswa Dalam Menunjang Kegiatan Belajar.” Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, Vol. 11, No. 1/Tahun 2020.
Fazah, Mirza. 2018. “ Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Komunikasi Guru Kelas Dengan Orang Tua Wali Siswa Kelas 1,2,3 MI Ma’arif Sendang Kulon Progo Tahun Pelajaran 2017/2018.” Tesis pada UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Gazali & Marlina. 2013. “Optimalisasi Peran Lembaga Pendidikan Untuk Mencerdaskan Bangsa”. Jurnal Al Ta’dib, Vol. 6, No.1 Januari-Juni/Tahun 2013.
J. Moleong, Lexy. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Mahdi, Adnan & Mujahidin. 2014. Panduan Penelitian Praktis untuk Skripsi, Tesis, dan Disertasi, Bandung: Alfabeta.
Narti, Sri. 2017. “Pemanfaatan Whatsapp Sebagai Media Komunikasi Dosen Dengan Mahasiswa”, Jurnal Profesional FIS UNIVED, Vol. 4, No. 1, Juni 2017,hlm. 26-44.
Natsir, Nanat Fatah dkk. 2018. “Mutu Pendidikan: Kerja Sama Guru dan Orang Tua”, Jurnal Mudarrisuna, Vol. 8, No. 2, Juli-Desember 2018, hlm. 311-327.
Nazarudin. 2014. ”Pola Kerja Sama Guru Dengan Orang Tua Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MIN 2 Kota Palembang” Jurnal Intizar, Vol.24, No.2, Desember/Tahun 2018.
Rahartri, L.I.P.I. 2019. “ Whatsapp Media Komunikasi Efektif Masa Kini”, Jurnal Visi Pustaka Vol.21, No.2, hlm. 147-156.
Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Sari, Dwhy Dinda. 2021. “Pemanfaatan Whatsapp Grup Sebagai Sarana Komunikasi Guru Dan Orang Tua Siswa Selama Masa Pandemi Covid 19,” Jurnal Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran Vol. 2, No. 1/Tahun 2021.
Siolemba, Andry Septarani & Damayanti, Widya. 2015. “Komunikasi Orang Tua dan Guru Berbasis Media Sosial” jurnal Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.
Suryadi. 2018. “Penggunaan Media Sosial Whatsapp dan Pengaruhnya Terhadap Disiplin Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Agama Islam” Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 7, No. 1, hlm. 7.
Wahyuni, Nadya. 2018 “Peran Penggunaan Grup Whatsapp Dalam Proses Belajar Mengaajar Di SMK Negeri 2 Banjarmasin” Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 1, No. 2 November Tahun 2018, hlm.23.
Wisman, Yossita. 2017. “ Komunikasi Efektif Dalam Dunia Pendidikan”, Jurnal Nomosleca Vol.3, No.2.
Zakirman & Rahayu. 2018. “Popularitas Whatsapp Sebagai Media Komunikasi dan Berbagi Informasi Akademik Mahasiswa”, Shaut Al-Maktabah Jurnal Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Vol.10, No.1, hlm.27-38.