PENERAPAN METODE MENGHAFAL DALAM MENGAJARKAN PERKALIAN DASAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS III DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH SEMANTIR TAHUN PELAJARAN 2021-2022
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap tentang : 1) Perencanaan Metode Menghafal dalam Mengajarkan Perkalian Dasar untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Semantir; 2) Pelaksanaan Metode Menghafal dalam Mengajarkan Perkalian Dasar untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Semantir; 3) Evaluasi Metode Menghafal dalam Mengajarkan Perkalian Dasar untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Semantir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, display data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Perencanaan Metode Menghafal dalam Mengajarkan Perkalian Dasar untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Semantir Tahun Pelajaran 2021-2022 adalah: a) Menyiapkan silabus; b) Menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). 2) Pelaksanaan Metode Menghafal dalam Mengajarkan Perkalian Dasar untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Semantir Tahun Pelajaran 2021-2022 adalah: a) Guru menunjukan catatan perkalian di depan kelas; b) Siswa menulis perkalian yang ditunjukan oleh guru c) Guru membacakan perkalian dasar yang disiapkan; d) Guru bersama siswa mengucapkan secara bersama-sama perkalian yang telah disebutkan e) Guru meminta siswa membacakan perkalian tersebut berulang-ulang; f) Diakhir pembelajaran guru akan bertanya secara acak kepada siswa tentang perkalian yang telah diajarkan. 3) Evaluasi Metode Menghafal dalam Mengajarkan Perkalian Dasar untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Semantir Tahun Pelajaran 2021-2022 adalah: a) Menyetorkan kepada guru tugas hafalan pada setiap jam pelajaran; b) Evaluasi sistem acak, yang dilakukan saat telah diselesaikannya seluruh hafalan
References
Arikunto, Suharsimi. (2006). Dasar-dasar evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Daradjat, Zakiyah. (1996). Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah, Syaiful. (1995). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Harjanto. (2006). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Majid, Abdul. (2006). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.
Majid, Abdul. (2008). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar kompetensi Guru. Jakarta: PT Rosad Karya.
Majid, Abdul. (2008). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Majid, Abdul. (2013). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Notoatmodjo, Soekidjo. (2003). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Permana, Mulya Sumantri dan Yohar. (2009). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: depdibud.
Qomar, Mujamil. (2009). Pesantren dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi. Jakarta: Erlangga.
Republik Indonesia. (2008). Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Cet. I; t,t, Indonesia Legal Center Publishing.
Shihab, M. Quraish. (2002). Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati.
Soedjadi. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Yunus, Mahmud. (2004). Tafsir Quran Karim Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Hidakarya Agung.