IMPLEMENTASI PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VI B DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 3 SAMBAS TAHUN PELAJARAN 2022-2023
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan tentang: 1) Perencanaan Pendekatan Whole Language dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VI B di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Sambas Tahun Pelajaran 2022-2023; 2) Pelaksanaan Pendekatan Whole Language dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VI B di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Sambas Tahun Pelajaran 2022-2023; 3) Evaluasi Pendekatan Whole Language dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VI B di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Sambas Tahun Pelajaran 2022-2023. Teknik penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, perencanaan pendekatan whole language dalam pembelajaran bahasa Indonesia Kelas VI B di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Sambas Tahun Pelajaran 2022/2023 yaitu, guru menyusun perencanaan sudah mengacu pada model ASSURE, kemudian pelaksanaan pendekatan whole language dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VI B di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Sambas Tahun Pelajaran 2022-2023 melalui tiga tahapan yaitu, pembiasaan, eksperimen, dan pengulangan, dan evaluasi pendekatan whole language dalam pembelajaran bahasa Indonesia Kelas VI B di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Sambas Tahun Pelajaran 2022-2023 yaitu, Menyusun rencana hasil belajar, Menghimpun data, Melakukan verifikasi data, Penarikan kesimpualan, Tindak lanjut hasil evaluasi.
References
Al-Bantani, Tubagus Najib. 2012. Al-Qur’an Mushaf Al-Bantani. Serang: Majelis Ulama Indonesia Provinsi Banten.
Aqib, Zainal Dan Ali Murtadlo. 2016. Kumpulan Metode Pembelajaran Kretif dan Inofativ. Bandung: Satu Nusa.
Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safrudin Abdul Jabar. 2009 Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Data UNESCO 2016. 2018. Lihat juga di Abidin dan Hana Yunansah, Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis.
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. UUD Sisdiknas No. 20 tahun 2003. Jakarta:Sinar Grafika.
Hamzah, Amir. 2020. Metode Penelitian Fenomenologi Kajian Filsafat dan Ilmu Pengetahuan. Malang: CV. Literasi Nysantara Abadi.
Hasbullah. 2006. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Pusat Bahasa Depdiknas. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Rohman, Muhammad Ali. 2015. Pengelolaan Kelas Bekal Calon Guru Berkelas. Yogyakarta: Kaukaba.
Rukayah. 2013. Pembelajaran Menulis Dengan Pendekatan Whole Language di Sekolah Dasar. Surakarta: UNS PRESS.
Rusman. 2004. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajawali Pres.
Sapendi. 2005. “Internalisasi Nilai-nilai Moral Agama Pada Anak Usia Dini”, Jurnal At-Turats, Vol. 9 No. 2/ 2015.
Shihab, M. Quraish. 2011. Tafsir Al-Mishbah, Pesan, Kesan dan Keserasian alQur’an, Cet. IV, Jilid. 6. Jakarta: Lentera.
Soemarjadi. 2001. Pendidikan Keterampilan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Somantri, Djumhana, & Hendriani. 2018. “Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD”, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol 3. No. 2/2018.
Subana. 2011. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia Berbagai Pendekatan, Metode Teknik, dan Media Pengajaran. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Sugiono. 2013. Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.
Suryani, Nunuk & Setiawan, Achmad. 2018. Media Pembelajaran Inovatif fan Pengembangannya. Bandung: Remaja Alfabeta.
Syah. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.