AKTIVITAS ORANG TUA DALAM MEMBANTU PROSES PEMBELAJARAN DI RUMAH PASCA PANDEMI COVID-19 DI DESA SEBAWI PADA SISWA KELAS III MI IKLAASHUL ‘AMAL TAHUN PELAJARAN 2022

  • Mislia Mislia INSTITUT AGAMA ISLAM SULTAN MUHAMMAD SYAFIUDDIN SAMBAS
Keywords: Aktivitas, Orang Tua, Pembelajaran, Pasca Pandemi Covid-19

Abstract

Kepedulian orang tua terhadap keberhasilan anaknya dalam pembelajaran anak di rumah yang akan diimplementasikan di sekolah.  Melalui aktivitas atau tindakan orang tua dengan pelaksanaan pembelajaran anak di rumah pasca pandemi covid-19 dengan mendampingi anak saat belajar. Orang tua juga melakukan tindakan dalam mengambil langkah-langkah dalam membantu proses pembelajaran anak di rumah pasca pandemi dengan menyediakan sarana dan prasaran seperti meja belajar, alat tulis lengkap, dan tempat khusus untuk anak belajar di rumah. Namun, aktivitas yang dilakukan orang untuk mendukung anak belajar memiliki kendala seperti orang tua yang tidak memiliki waktu banyak untuk mendampingi anak belajar, kurangnya terhadap materi yang diajarkan, dan kurangnya biaya dalam pemenuhan fasilitas sarana dan prasarana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak semua orang tua bisa mendampingi anak saat belajar, tidak semua orang tua bisa memennuhi fasilatas anak dalam mendukung minat belajar anak di rumah dan adanya kendala yang dihadapi dalam membantu proses pembelajaran anak di rumah pasca pandemi covid-19

References

Affandi, Rahmat. (2011). Huruf-Huruf Cinta Mendidik Anak dengan Penuh Cinta dari A sampai Z. Jakarta: PT Eles Media Komputindo.

Arifin, Zainal. (2020). Sosiologi Pendidikan. Surabaya: Sahabat Pena Kita.

Hasibuan.( 2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Askara.
Irawan, Edi. dkk. (2020). Pendidikan Tinggi di Masa Pandami: Tranformasi, Adaptasi, dan Metamorfosis Menyongsong New Normal. Yogyakarta: Zabir Publishing.

Iskandar, Haris. dkk. (2021). Pengendalian Covid-19 dengan 3M, 3T, Vaksinasi, Disiplin, Kompak, Konsisten. Jakarta: Satuan Tugas Covid-19.

Khadijah & Amelia, Nurul. (2021). Perkembangan Koognitif Anak Usia Dini: Teori Praktik. Jakarta: Kencana.

Kumalasari, Kokom. (2011). Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Lestari, Endang Titik. (2020). Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Lestari, Sri. (2016). Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik dalam Keluarga. Jakarta: Kencana.

Purwanto, Agus.dkk. (2020). Studi Eksplorasi Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Indonesia: Universitas Pelita Harapan.

Rohani, Ahmad. (2004). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran Pengembangan Profesional Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Soelaeman, Moenandar. (2009). Ilmu Sosial Dasar: Teori dan Konsep Ilmu. Bandung: Refika Aditama.

Sudarsana, Ketut. dkk. (2020). Covid-19 Perspektif Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Tasmara, Toto. (2008). Membudidayakan Kerja Etos Islam. Jakarta: Gema Insani.

Wiyana, Novan Ardi & Barnawi. (2012). Ilmu Pendidikan Islam dalam Keluarga. Palembang: Tunas Gemilang Press.

Wijoyo, Hadion. (2020). Dampak Pandemi Terhadap Kehidupan Manusia. Sumatera Barat: Insan Cendekia Mandiri.
Published
2023-10-10
How to Cite
Mislia, M. (2023). AKTIVITAS ORANG TUA DALAM MEMBANTU PROSES PEMBELAJARAN DI RUMAH PASCA PANDEMI COVID-19 DI DESA SEBAWI PADA SISWA KELAS III MI IKLAASHUL ‘AMAL TAHUN PELAJARAN 2022. Lunggi Journal, 1(4), 526-539. Retrieved from https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/lunggi/article/view/2429