STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENYAMPAIAN MATERI PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI SAMBAS TAHUN PELAJARAN 2022/2023

  • Sulastri Sulastri INSTITUT AGAMA ISLAM SULTAN MUHAMMAD SYAFIUDDIN SAMBAS
  • Aslan Aslan INSTITUT AGAMA ISLAM SULTAN MUHAMMAD SYAFIUDDIN SAMBAS
  • Ahmad Rathomi INSTITUT AGAMA ISLAM SULTAN MUHAMMAD SYAFIUDDIN SAMBAS
Keywords: Strategi Guru PAI, Penyampaian Matari, Anak Tunagrahita

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi guru PAI dalam penyampaian materi pada anak tunagrahita di SLB Negeri Sambas. Penelitian ini memiliki dua tujuan penelitian diantaranya sebagai berikut; Pertama, mengetahui strategi guru PAI dalam penyampaian materi pada anak tunagrahita di SLB Negeri Sambas Tahun Pelajaran 2022/2023. Kedua, mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi strategi guru PAI dalam penyampaian materi pada anak tunagrahita di SLB Negeri Sambas Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatakan fenomenologi sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ada tiga jenis yakni: Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Sedangkan tehnik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Kemudian teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi dan member check. Berdasarkan analisis data yang dilakukan maka hasil penelitian ini yaitu: Pertama, strategi guru PAI dalam penyampaian materi pada anak tunagrahita di SLB negeri Sambas adalah guru PAI menggunakan strategi yang bervariasi yang terdiri dari: (a) strategi individual; (2) strategi kooperatif; (3) strategi moditifikasi tingkah kaku. Kedua, Faktor-faktor yang mempengaruhi Strategi guru PAI dalam penyampaian materi pada anak tunagrahita di SLB Negeri Sambas yaitu: (a) karakteristik peserta didik; (b) kompetensi dasar; (c) waktu yang tersedia; (d) bahan ajar; (e) sarana dan prasarana.

References

BP, Abd Rahman. dkk, “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan, dan Unsur-Unsur Pendidikan,” dalam Jurnal Al Urwatul Wutsqa Makkasar, Vol. 2, No. 1, 2022, hlm. 2.
Aslan. 2017. “Kurikulum Bagi Anak Berkebutuhan Khusus,” Jurnal Studia Insania, Vol. 5, No. 2, 2017, hlm. 1.
Al-Maraghi. Tafsir Al-Maraghi. 1989. Semarang: Toha Putra.
Departemen Agama RI. 2002. Undang-Undang No. 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam.
Smart, Aqila. 2010. Anak Cacat Bukan Kiamat : Metode Pembelajaran dan Terapi untuk Anak Berkebutahan Khusus. Yogyakarta: Katahati.
Efendi, Mohammad. 2006. Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara.
Hawi, Akmal. 2004. Kompetenti Guru PAI. Palembang: IAIN Raden Fatah Press.
Martin, Garry dan Pear, Joseph. 2015. Modifikasi Perilaku Makna dan Penerpannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mulyono. 2011. Strategi Pembelajaran Menuju Pembelajaran di Abad Global. Malang: UIN-Maliki Press.
Ni’matuzahro dan Nurhamida, Yuni. 2016. Individu Berkebutuhan Khusus dan Pendidikan Inklusif. Malang: UMM Press.
Prastowo. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovasitif. Yogyakarta: Diva Press.
Riyanto. Yatim Riyanto. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran Sebagai Referensi bagi Guru/Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana.
Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Silberman, Mel. 2011. Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Bandung: Nusa Media.
Slavin, R.E. 2010. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Solihatin, Etin. 2012. Strategi Pembelajaran PPKN. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudjana, Nana. 2011. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Syah, Muhibin. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Rosda Karya.
Published
2023-10-10
How to Cite
Sulastri, S., Aslan, A., & Rathomi, A. (2023). STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENYAMPAIAN MATERI PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI SAMBAS TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Lunggi Journal, 1(4), 57I-583. Retrieved from https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/lunggi/article/view/2432