IMPLEMENTASI MODEL ACTIVE LEARNING TIPE CARD SORT PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI KELAS X AGAMA MADRASAH ALIYAH M. BASIUNI IMRAN SAMBAS TAHUN PELAJARAN 2022/2023

  • Utari Utari Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Mujahidin Mujahidin Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Muhammad Asyura Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
Keywords: Card Sort, Guru Sejarah Kebudayaan Islam, Siswa, Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini membahas tentang implementasi model active learning tipe card sort pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi dengan tujuan untuk mendeskripsikan dan menggambarkan kenyataan yang ada serta melakukan pendekatan terhadap sumber informasi, sehingga diharapkan data yang diperoleh akan lebih maksimal dan sesuai dengan fenomena yang dialami oleh informan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan model active learning tipe card sort  pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA M. Basiuni Imran Sambas yakni dengan cara sebagai berikut: a) Menyiapkan Silabus b) Menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran c) Menyiapkan media pembelajaran. 2) Pelaksanaan model active learning tipe card pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA M. Basiuni Imran Sambas mulai dari kegiatan awal, inti hingga penutup dengan langkah-langkah card sort. 3) Evaluasi model active learning tipe card sort pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA M. Basiuni Imran Sambas diantaranya adalah: a) Menentukan jenis evaluasi belajar b) Menentukan aspek-aspek penilaian c) Menentukan instrumen penilaian

References

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2008. Media Pembelajaran Jakarta: PT.Rajagrafindo Persada.

Asrul, Ananda, R., & Rosinta. 2014. Evaluasi Pembelajaran. Ciptapustaka Media.

Dr. Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana.

Hanifah, Erma Nur. 2018. “Penggunaan Metode Card Sort Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran IPS Kelas VIII E SMP Negeri 1 Majalengka,” Jurnal Jipsindo 5, no. 1/ tahun 2018.

Indriana, Dina. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Jakarta: PT. Diva Press.

Munchit, M. Saekhan. Pembelajaran Konstekstual. Semarang: Rasail Media Group.

Purwanto, Ngalim. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Shihab, M. Quraish. 2012. Tafsir al-Misbah. Jakarta: Lentera Hati.

Siberman, Melvin L. 2006. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusamedia.

Sriyanti, Ika. 2019. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia.

Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Winkel, W.S. 2004. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.

Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offiset.

Nurbianti, “Efektivitas Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Berbasis Debat Aktif (Studi Kelas XII MAN PANGKEP Kab. Pangkep)” Skripsi pada Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Tahun 2019

Wathoni, Lalu Muhammad Nurul. 2020. Analisis Komponen-Komponen Pendidikan Perspektif Hadis. Nusa Tungga Barat: Forum Pemuda Aswaja.
Published
2023-10-11
How to Cite
Utari, U., Mujahidin, M., & Asyura, M. (2023). IMPLEMENTASI MODEL ACTIVE LEARNING TIPE CARD SORT PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI KELAS X AGAMA MADRASAH ALIYAH M. BASIUNI IMRAN SAMBAS TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Lunggi Journal, 1(4), 584-597. Retrieved from https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/lunggi/article/view/2433