PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS VIII C DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 SEMPARUK TAHUN PELAJARAN 2022/2023

  • Sindi Sahesti Kurnia Sari Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Suhari Suhari Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Parni Parni Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
Keywords: Peran Guru PAI, Karakter Religius, siswa

Abstract

Penelitian ini membahas tentang peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membina karakter religius siswa kelas VIII C di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Semparuk. Penelitian ini memiliki dua tujuan penelitian diantaranya sebagai berikut; Pertama, mengetahui apa saja peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membina karakter religius siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Semparuk Tahun Pelajaran 2022/2023. Kedua, mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam membina karakter religius siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Semparuk Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatakan fenomenologi sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ada tiga jenis yakni: Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Sedangkan tehnik analisis data yang digunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Kemudian teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi dan member check. Berdasarkan analisis data yang dilakukan maka hasil penelitian ini yaitu: Pertama, peran guru PAI dalam membina karakter religius siswa kelas VIII C di SMPN 1 Semparuk meliputi: a) Sebagai pengajar, b) Sebagai pendidik, c) Sebagai teladan, d) Sebagai pembimbing, e) Sebagai pendorong kesadaran keimanan, f) Sebagai motivator, g) Sebagai sumber belajar, h) Sebagai fasilitator, i) Sebagai pemimpin, j) Sebagai pengelola kelas. Kedua, faktor pendukung dan penghambat guru pendidikan agama Islam dalam membina karakter religius siswa kelas VIII C di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Semparuk lebih dominan pada eksternal meliputi: a) Faktor keluarga atau orang tua, karena keluarga merupakan tempat pendidikan pertama bagi siswa. b) Faktor lingkungan sekolah adalah faktor yang penting. Karena di sekolah siswa akan di didik dan di bimbing untuk memiliki akhlak yang baik. c) Faktor pendekatan yang dilakukan oleh guru PAI dengan bebera metode.

References

Ahsanulkq, Moh. 2019. “Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan”, Jurnal Prakarsa Paedagogia, Vol. 2 No. 1, Tahun 2019Sudjana, Nana. 2011. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Aunillah, Nurla Isna. 2011. Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Laksana.

Enco Mulyasa. Menjadi Guru Profesional (Bandung: Remaja Rosdakarya. 2016).

Gunawan, Heru. 2014. Pendidikan Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Jalaludin. Psikologi Agama, 2005. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kunaepi, Aang. 2013. Revitalisasi Pendidikan Karakter Melalui Internalisasi PAI Dan Budaya Religius, Jurnal At-Taqaddum, Vol.5. No 2, Tahun 2013.

Sani, Ridwan Abdullah dan Muhammad Kadri. 2016. Pendidikan Karakter Mengembangkan Karakter Anak Yang Islami, Jakarta: Bumi Aksara.
Shihab, M, Quraish. 2002. Tafsir al-Misbah volume 10 Jakarta: Lentera Hati.

Tb. Aat Syafaat, Dkk. 2008. Peranan Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Kenakalan Remaja, Jakarta: Grafindo Persada.

Wiyani, Novan Ardy. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Iman Dan Taqwa, Yogyakarta: Teras
Published
2023-10-11
How to Cite
Sahesti Kurnia Sari, S., Suhari, S., & Parni, P. (2023). PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS VIII C DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 SEMPARUK TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Lunggi Journal, 1(4), 598-612. Retrieved from https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/lunggi/article/view/2434