MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENCUCI TANGAN DENGAN BENAR MELALUI GERAK DAN LAGU DI KELAS B KELOMPOK BERMAIN CERDAS TERPADU DESA PERIGI LIMUS KECAMATAN SEJANGKUNG TAHUN PELAJARAN 2022-2023

  • Intan Intan Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Eliyah Eliyah Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Zuri Astari Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
Keywords: Kemampuan Mencuci Tangan dengan Benar, Gerak dan Lagu.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan mencuci tangan anak yang masih rendah. Hasil survey pra-siklus menunjukkan hanya 5 dari 17 anak di Kelas B Paud Cerdas Terpadu yang memiliki kemampuan mencuci tangan dengan benar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan mengunakan desain Model Kemmis dan Mc. Taggart. Model Kemmis dan Mc. Taggart terdiri dari beberapa siklus untuk bertujuan memecahkan masalah. Setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan kegiatan, yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan atau observasi dan tahap refleksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk  mendeskripsikan kemampuan mencuci tangan anak dengan benar melalui gerak dan lagu  di Kelas B Kelompok Bermain Cerdas Terpadu Desa Perigi Limus. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian pada siklus 1 menunjukkan angka 52,94% untuk tingkat kemampuan anak mencuci tangan.   Kemudian meningkat pada siklus 2 dengan hasil ketuntasan belajar kelas yaitu 88,23%. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa kemampuan mencuci tangan dengan benar pada anak dapat ditingkatkan melalui gerak dan lagu.

References

Arifin, Zainal. 2010. Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.
…………….. 2012. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Azwar, Saifuddin. 2007. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dahlan & Umrah. 2013. Ajaran Ketrampilan Dasar Praktik Kebidanan. Malang: Inti Media.
Daryanto. 2010. Belajar dan Mengajar. Bandung: CV. Yrama Widya.
Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. 2020. Buku Saku Program Phbs di Layanan Paud. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Hidayati., Musniati, Nia. 2020. “Sosialisasi Perilaku Cuci Tangan Melalui Gerak dan Lagu Pada Komunitas Satu Senyum”. Dalam Jurnal Arsip Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta. Vol. 01 No. 02.
Kamtini dkk. 2005. Bermain Melalui Gerak dan Lagu di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Pembinaan Pendidikan Tenaga Pendidik dan Ketenaga Kerjaan Perguruan Tinggi.
Kementerian Kesehatan RI. 2018. “Profil Kesehatan Indonesia 2017 Data dan Informasi.” Kementrian Kesehatan RI.
Moleong, Lexy J. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mu’alimin. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Teori Dan Praktik. Pasuruan: Ganding Pustaka.
Mutiah, Diana. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Pamularsih, Wiwik Sri. 2022. “Gambaran Perilaku Mencuci Tangan 6 Langkah Anak Usia Prasekolah”. Skripsi pada Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar.
Proverawati, Atikah. Rahmawati, Eni. 2012. Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Yogyakarta: Nuha Medika.
Rusman. 2011. Model – Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja grafindo Persada.
Shihab, Muhammad Quraish. 2007. Wawasan Al-Qur’an Tafsir Tematik Atas Berbagai Persoalan Umat. Bandung: PT Mizan Pustaka.
Suparman, Atwi. 2001. Desain Instruksional. Jakarta: Universitas Terbuka.
Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rhineka Cipta.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Tampubolon, Saur. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Triwiyanto, Teguh. 2015. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Undang-undang Nomor 23 Tahun 1992 tentang Kesehatan.
Widhianawati. 2011. “Pengaruh pembelajaran gerak dan lagu dalam meningkatkan kecerdasan musikal dan kecerdasan kinestetik anak usia dini” dalam Jurnal Penelitian Pendidikan. Universitas Pendidikan Indonesia. Vol.14, No. 2.
Yuhanna, Wachidatul Linda., Mumtahanah, Mahda. 2019. “Upaya Meningkatkan Kebiasaan Mencuci Tangan melalui Hand Washing Dance pada Siswa PAUD Al Abror Desa Bulakrejo Kabupaten Madiun.” Baktimas dalam Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Universitas PGRI Madiun, Vol. 1, No. 1.
Published
2023-10-11
How to Cite
Intan, I., Eliyah, E., & Astari, Z. (2023). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENCUCI TANGAN DENGAN BENAR MELALUI GERAK DAN LAGU DI KELAS B KELOMPOK BERMAIN CERDAS TERPADU DESA PERIGI LIMUS KECAMATAN SEJANGKUNG TAHUN PELAJARAN 2022-2023. Lunggi Journal, 1(4), 647-661. Retrieved from https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/lunggi/article/view/2440