IMPLEMENTASI METODE CERAMAH BERVARIASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MEMOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 14 SEBANGKAU TAHUN PELAJARAN 2022-2023
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap tentang: 1) Perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan metode ceramah bervariasi untuk memotivasi belajar siswa di SD Negeri 14 Sebangkau tahun pelajaran 2022-22023; 2) Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan metode ceramah bervariasi untuk memotivasi belajar siswa di SD Negeri 14 Sebangkau tahun pelajaran 2022-2023; dan 3) Evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan metode ceramah bervariasi untuk memotivasi belajar siswa di SD Negeri 14 Sebangkau tahun pelajaran 2022-2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi dan member check. Hasil penelitian yaitu: 1) Perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan metode ceramah bervariasi untuk memotivasi belajar siswa di SD Negeri 14 Sebangkau yakni dengan cara sebagau berikut: Menyiapkan perangkat pembelajaran, Menyiapkan bahan ajar, Menyiapkan media pembelajaran. 2) Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan metode ceramah bervariasi untuk memotivasi belajar siswa di SD Negeri 14 Sebangkau mulai dari kegiatan awal, kegiatan inti dan penutup. 3) Evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan metode ceramah bervariasi untuk memotivasi belajar siswa di SD Negeri 14 Sebangkau yaitu memberikan evaluasi formatif dan sumatif
References
Anggito, Albi dan Setiawan, Johan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV jejak
Aprilia, Imelda dkk. (2020) “ Implementasi metode pembelajaran bervariasi pada materi SKI di Madrasah Ibtidaiyah”, dalam jurnal ilmiah PGMI, (.1), 55.
Astuty, Widy. (2021)“Desain Perencanaan Pelaksanan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Daring dengan Kurikulum Darurat”, dalam jurnal Pendidikan Islam. 9(1), 82.
Bararah, Isnawardatul. (2017). “Efektifitas Perencanaan Pembelajaran dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam”, dalam Jurnal Mudarrisuna, 7(1), 132.
Cahyono, Dendi Dwi dkk. (2022). Muhammad Khusnul Hmada, Eka Danik Prahastiwi, “Pemikiran Abraham Maslow tentang motivasi dalam belajar”, dalam jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan, 6(1), 52.
Dhaki. (2022). “Implementasi Model Pembelajaran Comperative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Prestasi Belajar”, dalam Jurnal Pendidikan, 1(1), 15.
Emda, Amma. (2017) “Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran” dalam jurnal Lantanida, Vol. 5(2), 137.
Febriani, Corry. (2017). “Pengaruh Media Video Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Pembelajarn IPA Kelas V Sekolah Dasar”, Jurnal Prima Edukasi, 5(1), 16.
Hidayat, Tatang & Asyafah, Abas. (2019) “Konsep Dasar Evaluasi dan Implikasinya dalam Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah”, dalam Jurnal Pendidikan Islam. 10(1), 162.
Irwan, Prasetya. (2007). Metodologi Penelitian Administrasi. Edisi 1. Jakarta: Universitas Terbuka.
Jaya, Farida. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Medan: UIN Sumatra Utara.
Kementrian Agama RI. (2018). Al-Qur’an dan Terjemahnya, Cet. 2. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Mahdi, Adnan & Mujahidin. (2014). Paduan Penelitan Praktis untuk Menyusun Skripsi, Tesis dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.
Majid, Abdul. (2014). Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mardiah, Syarifuddin. (2020). “Model-Model Evaluasi Pneidikan”, Jurnal Pendidikan dan Konseling. 2(1), 45.
Meoleong, Lexy J. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Muhammad, Ali. (2012). Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angsara.
Mujtaba, dkk. (2021). “Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam” dalam jurnal Ilmiah PGSD, 2(1), 5.
Nobisa, Yahya Nikmad. (2021). “Penggunan Metode Bervariasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, dalam jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman Universitas Muhammadiyah Kupang, 1(2), 52.
Pangestuti, Dian dkk. (2019). “Pengetahuan Pedagogik Pada Era Revolusi 4.0’, in Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPN), hlm 267-269.
Rizky Ardi Mahburi, Rizky Ardi. (2020). “Pengaruh Reward Terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Piyaman”, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 83.
Rusman, Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.
Setiawan, Agus. (2021). “Merancang Media Pembelajaran di Sekolah”, dalam jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan, Kemasyrakatan. 1(2), 225.
Siboro. (2020). “Peningkatn Motivasi Belajar Pkn Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Power Point Pada Siswa Kelas IX Smp Negeri 01 Patumbak” Jurnal Sekolah PGSD FIP UNIMED, 1(2), 134-140.
Sita Ratna Ningsih, Sita Ratna & Nastiti, Genasty “Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Gambar Pada Mata Pelajaran Tematik di Sekolah Dasar”, Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(1), 279.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabet.
Tim Penyusun Pedoman Penulisan Skripsi FATIK IAIS Sambas. (2017). Pedoman Penulisan Skripsi. Sambas: FATIK IAIS Sambas.
Undang-Undang RI No.20, Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Yusuf, Murni. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: PT. Kencana.
Zakiyah, Dwi dkk. (2022) “Penerapan Ice Breaking Pada Proses Belajar Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Sugihan 03”, Journal Of Education Learning and Innovation, 2(1), 73-85.