IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS PADA MATERI KAJIAN AYAT-AYAT AL-QUR’AN KELAS II DI MIN 1 SAMBAS TAHUN PELAJARAN 2021-2022

  • Momoy Momoy Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Alkadri Alkadri Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
Keywords: Model Pembelajaran Inkuiri, Mata Pelajaran

Abstract

Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Pada Kajian Ayat-ayat Al-Qur’an Kelas II Di MIN 1 Sambas Tahun Pelajaran 2021-2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: perencanaan model pembelajaran inkuiri, pelaksanaan model pembelajaran inkuiri, hasil belajar pada model pembelajaran inkuiri dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadis pada kajian ayat-ayat Al-Qur’an Hadis kelas II di MIN 1 Sambas tahun pelajaran 2021-2022. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data mengunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data : Collection Data, Data Reduction (pengurangan data), Data Display (penampilan data), Conclusion Data (menarik kesimpulan). Teknik keabsahan data yang digunakan triangulasi, dan Member check. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) perencanaan model pembelajaran Inkuiri pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis pada materi kajian ayat-ayat Al-Qur’an kelas II di  MIN 1 Sambas tahun pelajaran 2021-2022, pertama guru melakukan orientasi, kedua merumuskan masalah, ketiga mengajukan hipotesis, keempat mengumpulkan data, kelima menguji hipotesis, keenam merumuskan kesimpulan. 2) pelaksanaan model pembelajaran Inkuiri pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis pada materi kajian ayat-ayat Al-Qur’an kelas II di  MIN 1 Sambas tahun pelajaran 2021-2022, guru harus terampil memilih masalah yang  relevan dan sesuai dengan daya nalar peserta didik, guru juga harus terampil memberikan motivasi belajar dan menciptakan situasi pembelajaran yang menyenangkan/menarik minat peserta didik, tersedianya fasilitas dan sumber belajar yang memadai, kesediaan/kesiapan peserta didik untuk partisipsi aktif dalam belajar. 3) hasil belajar model pembelajaran Inkuiri pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis pada materi kajian ayat-ayat Al-Qur’an kelas II di  MIN 1 Sambas tahun pelajaran 2021-2022, guru menyiapkan tiga ranah pembelajaran, ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotorik.

References

Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta : Kencana.
Saiful Sagal, Saiful. (2009). Konsep Dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar mengajar. Bandung, Alfabeta.
Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik.
Munatri, Suyatna, Yulianti (2016). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar, Lampung University : Doctoral dissertation.
Rusman. (2013). Model-Model pembelajaran mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Martinis Yamin, (2007). Propfesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP, Jakarta: Gaung Persada Pers.
Salamah, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits, Depok Jawa Barat.
Isti, Nisa, (2013). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui model pembelajaran inkuiri, Surabaya.
Salamah, (2018). Pengajaran Menggunakan Metode Kaisa Dalam Menghafal Al Quran Pada Anak, journal TA'LIMUNA.
Hidayat (2016). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pendidikan Agama Islam Materi Al Quran, Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan.
Published
2023-10-11
How to Cite
Momoy, M., & Alkadri, A. (2023). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS PADA MATERI KAJIAN AYAT-AYAT AL-QUR’AN KELAS II DI MIN 1 SAMBAS TAHUN PELAJARAN 2021-2022. Lunggi Journal, 1(4), 694-703. Retrieved from https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/lunggi/article/view/2442