PENGGUNAAN MEDIA KARTU ANGKA BERGAMBAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1 SAMPAI 10 PADA KELOMPOK A DI KB TUNAS BANGSA SIMPUAN TAHUN PELAJARAN 2022-2023

  • Dela Ardianti Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Hifza Hifza Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Astaman Astaman Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
Keywords: Penggunaan, Media Kartu, Angka Bergambar, Konsep Bilangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi penggunaan media kartu angka bergambar dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1 sampai 10 pada kelompok A di KB Tunas Bangsa Simpuan tahun pelajaran 2022-2023. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Adapun teknik keabsahan data digunakan adalah triangulasi dan member check. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: Persiapan penggunaan media kartu angka bergambar dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1 sampai 10 pada kelompok A, yaitu: membuat rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH), mempersiapkan media pembelajaran (media kartu angka bergambar), serta mempersiapkan dan mempelajari materi yang akan diajarkan; Pelaksanaan pembelajran melalui tiga tahap yaitu pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Pada proses pendahuluan dilakukan sesuai dengan perencanaan yang dibuat, pada kegiatan inti guru menghadirkan media kartu angka bergambar, dengan menyajikan  permaian yang membuat peserta didik lebih tertarik dalam mengenal konsep bilangan, pada kegiatan penutup guru melakukan review pembelajaran yang telah dilakukan; Evaluasi dilakukan dengan menanyakan kembali tentang pembelajaran yang sudah dilakukan pada hari tersebut, dan melakukan penilaian melalui ceklis harian yang sudah guru buat sesuai dengan indikator yang harus di capai peserta didik.

References

Alit Mariana, Made. (2018). Pengantar Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Denspasar: LPMP Bali.
Arifin, Zainal. (2010). Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya
Arsyad, Azhar. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Asmuddin, Salwiah. (2019). “Meningkatkan Kemampuan Erhitung Permulaan Anak Melalui Media Kartu Angka Bergambar,” dalam Jurnal Pg-Paud Universitas halu Oleo Kendari, Vol. 2, No.1/Tahun 2019, hlm. 50.
Bahri, Syaiful & Zain, Aswan. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Larlen. 2013. “Persiapan Guru Bagi Proses Belajar Mengajar” dalam Jurnal Pena, Vol. 3, No.1/ Tahun 2013, hlm. 87.
Majid, Abdul. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Moeloeng, Lexy J. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif . Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Satori, Djam’an & Komariah, Aan. 2010. Metode Penelitian Kualitatif . Bandung: Alfabeta.
Suyanto, Slamet. (2015) Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.
Published
2023-10-11
How to Cite
Ardianti, D., Hifza, H., & Astaman, A. (2023). PENGGUNAAN MEDIA KARTU ANGKA BERGAMBAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1 SAMPAI 10 PADA KELOMPOK A DI KB TUNAS BANGSA SIMPUAN TAHUN PELAJARAN 2022-2023. Lunggi Journal, 1(4), 704-711. Retrieved from https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/lunggi/article/view/2444