KREATIVITAS GURU DALAM MENUMBUHKAN MINAT MEMBACA SISWA KELAS 1 B SDIT SULTHONIYAH SAMBAS TAHUN PELAJARAN 2022-2023
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan dan menjelaskan bagaimana kreativitas guru dalam menumbuhkan minat membaca siswa kelas 1 B SDIT Sulthoniyah Sambas tahun pelajaran 2022-2023. 2) Untuk mendeskripsikan dan menjelaskan implikasi dari kreativitas guru dalam menumbuhkan minat membaca siswa kelas 1 B SDIT Sulthoniyah Sambas tahun pelajaran 2022-2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi dan member check. Kreativitas guru dalam menumbuhkan minat membaca siswa kelas 1 B SDIT Suthoniyah Sambas adalah sebagai berikut: 1). Guru menggunakan metode yang bervariasi dalam proses pembelajaran seperti metode ceramah Metode BERGER (bernyanyi dengan gerakan) juga digunakan dalam proses pembelajaran di mana metode ini siswa dan guru diajak untuk bernyanyi bersama-sama yang lagunya itu menyesuaikan pembelajaran pada saat itu dan metode tanya jawab yang dibuatkan kelompok berdasarkan barisan kursi, serta penambahan tugas pada jam diluar sekolah menggunakan grup whatsapp yang berisi siswa beserta walinya, kepala sekolah dan wali kelasnya. Implikasi dalam Menumbuhkan Minat Membaca Siswa Kelas 1 B SDIT Suthoniyah Sambas. 2). Minat membaca pada anak sangat tinggi mereka selalu ingin membacakan soal atau materi selanjutnya yang ada di buku LKS, meminta dibuatkan pojok baca di kelas, dan ketika membacakan soal masing-masing anak mengajukan dirinya bahkan walau masih ada yang terbata-bata mereka tetap penuh rasa ingin tahu untuk membacanya. antusias siswa dalam membaca sangat kuat dilihat dari peningkatan kemampuan membacanya.
References
Hariyanto & Mustafa, Pinton Setya. 2020. Pengajaran Remedial dalam Pendidikan Jasmani. Banjarmasin: Lambung Mangkurat University Press.
Hernowo. 2007. Menjadi Guru yang Mau dan Mampu Mengajar Secara Kreatif. Bandung: MLC.
Kunandar. 2009. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Press.
Mahdi, Adnan dan Mujahidin. 2014. Panduan Penelitian Praktis Untuk Menyusun Skripsi, Tesis Dan Disertasi. Bandung: Alfabet.
Moeloeng, Lexy J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyana A.Z. 2010. Rahasia Menjadi Guru Hebat. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Munandar, Utami. 2004. Pengembangan Emosi dan Kreativitas. Jakarta: Rineka Cipta.
Narbuko, Holid & Ahmadi, Abu. 2009. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Warsono, Agus & Kumorojati, Ratih. 2011. Super Learning Praktik Belajar-Mengajar yang Serba Efektif dan Mencerdaskan. Jogjakarta: DIVA Press.