STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS IV DI SDS ISLAM TERPADU SULTHONIYAH SAMBAS TAHUN PELAJARAN 2022/2023

  • Yuyun Yuyun Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Nuraini Nuraini Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Nuraini Nuraini Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Astaman Astaman Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
Keywords: Strategi Guru PAI, Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Siswa Kelas IV

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena adanya rendahnya kemampuan membaca Al-Qur’an oleh sebab itu diperlukan adanya Strategi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas IV di sds it sulthoniyah sambas. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan secara jelas tentang: 1) Pelaksanaan strategi Guru PAI dalam meningkatkan membaca Al-Qur’an di sds it sulthoniyah sambas. 2) Hasil dari pelaksanaan membaca Al-Qur’an di sds it sulthoniyah sambas pada siswa kelas IV di sds it sulthoniyah sambas pada tahun 2022/2023. 3) Faktor-faktor yang mempengaruhi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di sds it sulthoniyah sambas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi. Adapun teknis analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, display data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: Pelaksanaan strategi Guru PAI dalam meningkatkan membaca al-Qur’an di Sds it Sulthoniyah Sambas adalah Guru PAI menggunakan strategi yang bervariasi yaitu (1) Strategi Pengulangan, (2) Strategi lingkaran, (3) Strategi kegiaatan Keagamaan diluar jam pelajaran. Hasil dari pelaksanaan membaca Al-qur’an di SDS IT Sulthoniyah Sambas yaitu meningkatnya peserta didik dalam membaca Al-Qur’an selain itu dari segi pemahaman banyak ditemukan peserta didik yang sudah memahami hukum-hukum bacaan Al-Qur’an seperti hukum panjang pendek dan tanda baca lainnya. Faktor-faktor yang mempengaruhi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-quran di SDS IT Sulthoniyah Sambas yaitu diantaranya; Pertama faktor pendukung seperti hubungan yang harmonis guru PAI dengan orang tua anak, pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat; Kedua faktor penghambat seperti manajemen waktu, faktor kurangnya daya serap anak dalam memahami materi yang seperti hukum panjang pendek dan tanda baca lainnya.

References

A.Shihab. 1999. Islam Inklusif. Bandung: Mizan.
Abdul Haris. 2008. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta :Multi Press
Abdul Majid. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rodaskaryaoffiset
Adnan Mahdi dan Mujahidin. 2017. Panduan Penelitian Praktis untuk Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.
Alam, Mansur. 2017.”Studi Implementasipendidikan Islam Moderat Dalam Mencegahancaman Radikalisme Dikota Sungai Penih Jambi.’’Jurnal Islamika, Vol.1,No.2 / Tahun 2017, hlm. 36.
Ali, Atabik. 2008. Kamus Besar Indonesia-Arab.Yogyakarta: Multi Karya Grafika. Drajat, Zakiyah.2004.Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Anggito, Albi dan Setiawan, Johan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak.
Baharuddin. 2008. teori belajar dan pembelajaran. Yogyakarta PT. Andi mahastya
Dedi Wahyudi. 2017. Pengantar Akidah Akhlak dan Pembelajarannya Yogyakarta: Lintang Rasi Aksara Books.
Direktur Jendral Pendidikan Islam.2019.Pedoman Implementasi Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Islam.Jakarta : Kementerian Agama RI
Erwan Juhara. 2005. Cendekia Berbahasa Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: PT. Setia Purna Inves.
Hadari Nawawi. 1990. Metedologi Penelitian Bidang Sosial.Yoqyakarta: Gajahmada University Press.
Hasbullah, Mushaddad dan Abdullah, Moh. Dasri. 2013. Wasathiyyah Pemacu Peradaban Negara. Negeri Sembilan: Institute Wasathiyyah Malaysia
Hiqmatunisa harin. 2020.”penerapan nilai-nilai moderasi islam dalam pembelajaran fiqih di ptkin menggunakan konsep problem based learn.” jurnal jiplis, Vol 29, No 1/Tahun 2020). Hlm 27-35
Istijanto Oei. 2006. Riset Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Jamaruddin ade. 2016.,”Membangun Tasamuh Keberagamaan Dalam Perspektif Al-Qur’an.” Jurnal Toleransi: Media Komunikasi Umat Beragama, Vol.8, No.2 / Tahun 2016, hlm.173.
Jamaruddin, Ade. 2016. “Membangun Tasamuh Keberagamaan Dalam Perspektif Al-Qur’an,” Jurnal Toleransi, Media Komunikasi Umat Beragama, Vol. 8. No 2, 2016. hlm.173.
Kamaruddin Amin. 2019. Pedoman Implementasi ,Moderasi Beragama Pada Pendidikan Islam. Jakarta: Ikhlas Beramal
Khairun Nisa.2018. Penananaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam oleh Orang Tua Melalui metode Pembiasaan Di Dusun Tanjung Gunung Sari RT III/RW II Desa Tebas Sungai Kecamatan Teba, IAIS Sambas
Koko Adya Winata. 2020. “Moderasi Islam Dalam Pembelajaran Pai Melalui Model Pembelajaran Kontekstual,” dalam Jurnal Cienceas: Jurnal Pendidikan Dan Pengembangan, Vol. 3, No. 2 / tahun 2020 Hlm. 82-92
Kusumo suryoharjono. 2014. Ice breaking penyemangat belajar. medium : ilham nafia
Lailatul Choirun Umma.2022.Penanaman Nilai-Nilai Moderasi Beragama pada Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Pasuruan,UIN Maulana malik Ibrahim Malang
Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an Kementerian Agama RI. 2012. Moderasi Islam, Jakarta: Kementerian Agama RI.
Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Moelong, Lexy J. 2007. Metodelogi Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Muchith, Saekan. 2014.”Radikalisme dalam Dunia Pendidkan.”Jurnal Addin.Vol.10, No. 1 Tahun 2014. Hlm. 165.
Muhammad Bagus Azmi.2019.Penerapan Nilai-Nilai Islam Moderat Dikalangan Mahasantri Ma’had Sunan Ampel UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Muhammad, Bagus, Azmi. 2001. Penerapan Nilai-Nilai Islam Moderat di Kalangan Mahasantri Ma’had Sunan Ampel Al-Aly UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Mulyasa. 2010. menjadi guru professional. bandung;rosda
Muri Yusuf. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: PT. Kencana.
Nurdin. 2011. Implementasi Pembelajaran. Yoqyakarta:Rjawali Pers
Nurhaili.2010. “membentuk karakter siswa melalui kteladanan guru.”jurnal pendidikan dan kebudayaan, Vol.16. No 3/Tahun 2010. Hlm 233-244
Nyoman Kutha Ratna. 2010. Metodelogi Penelitian; Kajian Budaya Dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Pipit Aidul & Fitriyana.2020. Dinamika Moderasi Beragama di Indonesia. Jakarta: Litbang Diklat Press.
Prasetya Irawan. 2007. Metodelogi Penelitian Administrasi, Edisi 1. Jakarta: Universitas Terbuka.
Prosojo, Zaenuddin, Hadi. 2020.”Akomodasi Kultural Dalam Resolusi Konflik Bernuansa Agama di Indonesia.” Jurnal of Islam And Prularity,Vol 5, No 1 / Tahun 2020. Hlm. 12.
Pusat Bahasa DEPDIKNAS. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia,Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka
Ridwan Abdullah sani. 2005. pembelajaran saintifik. Jakarta : bumi aksara
Rifai. 2012. Kualitatif Teori, Praktek dan Riset Penelitian Kualitatif Teologi. Sukoharjo: Penerbit Bornwin's Publishing.
Rusman. 2010. model-model pembelajaran. Jakarta: rajawali
Published
2024-01-17
How to Cite
Yuyun, Y., Nuraini , N., Nuraini , N., & Astaman, A. (2024). STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS IV DI SDS ISLAM TERPADU SULTHONIYAH SAMBAS TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Lunggi Journal, 2(1), 35-42. Retrieved from https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/lunggi/article/view/2647