MENINGKATKAN MOTIVASI PEMBELAJARAN TEMATIK PASCA PANDEMI COVID-19 DI KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA TARBIYAH TEBAS TAHUN PELAJARAN 2022-2023
Abstract
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan dan mengetahui tentang: 1) motivasi pembelajaran tematik pasca pandemi covid-19 di Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Swasta Tarbiyah Tebas. 2) pelaksanaan pembelajaran tematik pasca pandemi covid-19 di Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Swasta Tarbiyah Tebas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan ialah deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah reduksi data, display data/penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi teknik dan member check. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) motivasi pembelajaran tematik pasca pandemi covid-19 di Kelas III, yaitu : Pemberian pujian diberikan kepada siswa yang mampu mengerjakan tugas dengan baik. Selain itu guru juga memberikan pujian kepada siswa yang belum mampu mengerjakan soal dengan baik, hal ini dilakukan untuk menumbuhkan semangat siswa. Pemberian angka/ nilai diberikan guru jika siswa sudah mengerjakan dan mengumpulkan tugasnya. Tugas yang telah dikumpulkan akan dinilai oleh guru. Komunikasi persuasif yang dilakukan guru selama proses pembelajaran tematik pasca masa pandemi covid-19, yaitu dengan memberikan semangat, pujian, dan nasehat. Selain itu juga guru memberikan nasehat dan teguran jika terdapat siswa yang memiliki masalah seperti tidak mau belajar, tidak mengerjakan tugas, dan tidak hadir dalam pembelajaran tatap muka; 2) Persiapan guru untuk melaksanakan proses mengajar seperti membuat RPP sangat penting sebagai pedoman seorang guru melaksanakan pembelajaran tematik di kelas. Pelaksanaan pembelajaran tematik menggunakan media pembelajaran yang mudah di pahami dan sesuai dengan kemampuan siswa masing-masing agar tujuan pembelajaran tercapai. Indikator motivasi belajar adalah adanya kegiatan penggunaan media yang menarik dalam belajar. Penyajian materi pembelajaran dengan media pembelajaran yang bervariasi dan menarik dapat menyenangkan siswa sehingga siswa termotivasi dalam belajar.
References
J. Moleong, Lexy. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Manizar, Elly. 2015. “Peran Guru Sebagai Motivator dalam Belajar”, Jurnal Tadrib, Vol. 1, No. 2.
Okvireslian, Sisca. 2021. “Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp sebagai Media Pembelajaran dalam Jaringan kepada Peserta Didik Paket B UPTD SPNF SKB Kota Cimahi”, Jurnal Comm-Edu, Vol. 4, No. 3.
Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 tahun 2016.
Puspitasari, Rizki. 2014. Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Pada Kelas Awal di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kauman Utara Jombang”, Skripsi: UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Raco, J.R. 2010. Metode Penelitian Kualitatif, Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta: Grasindo.
Rochman, Chaerul dan Heri Gunawan. 2016. Pengembangan Kompetensi Kepribadian Guru Menjadi Pendidik yang dicintai dan diteladani Siswa. Bandung: Nuansa.
Setiawan, M. Andi. 2018. Belajar dan Pembelajaran, Uwais Inspirasi Indonesia.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitaif. Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Suharni dan Purwanti. 2018. “Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa”, Jurnal Bimbingan dan Konseling, Vol. 3, No. 1.
Suryaningsih, Arifah. “Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Secara Online pada Pelajaran Animasi 2D Melalui Strategi Komunikasi Persuasif”. Jurnal Karya Ilmiah Guru, Vol. 5, No.1.
Usman, M. Uzer. 2007. Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya. Edisi Kedua.
Wann Nurdiana Sari, Murtono dan Erik Aditia Ismaya. 2021. “Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi dan Minat Belajar Siswa Kelas V SDN Tambahmulyo 1”, Jurnal Inovasi Penelitian, Vol. 1, No. 11.
Watriantos, Ronal. 2020. Belajar Dari Covid-19 Perspektif Tekhnologi dan Pertanian. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Zain, Nisful Laily. 2017. “Strategi Komunikasi Persuasif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa”. Jurnal Nomosleca. Vol. 3, No. 2.