IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PENGEMBANGAN HOTS PADA MATA PELAJARAN PAI DI KELAS VIII B DI SMPN 1 SEMPARUK TAHUN PELAJARAN 2022/2023

  • Nuraliza Nuraliza Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Hifza Hifza Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Muhammad Asyura Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
Keywords: Implementasi, Pendekatan Saintifik, Higher Order Thinking Skill

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pendekatan saintifik dalam pembelajaran bisa mengantarkan siswa dapat memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi atau HOTS. Tujuan dari penelitian ini adalah tentang untuk mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan pendekatan saintifik dalam pengembangan Higher Order Thinking Skill pada mata pelajaran pendidikan agama Islam, untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan pendekatan saintfik dalam pengembangan Higher Order Thinking Skill pada mata pelajaran pendidikan agama Islam, dan untuk mendeskripsikan dan menganalisis evaluasi pendekatan saintifik dalam pengembangan Higher Order Thinking Skill pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif.  Hasil penelitian perencanaan, yakni guru sudah memenuhi tahapan dari perencanaan yang berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Pelaksanaan, kegiatan inti, kegiatan penutup.

References

Arifin Zaenal Arifin. 2011 Konsep Guru Tentang Evaluasi dan Aplikasinya dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Skripsi, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Brookhart M. Susan. 2010. How To Asess Higher Order Thinking Skill In Your Classroom. Alexandria: ASCD Member Book.

Fanani. Zainal Moh. 2018 Strategi Pengembangann Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam kurikulum 2013.

Hamalik, Oemar. 2007. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. E. 2013. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa. 2005. Kurikulum berbasis kompetensi konsep, karakteristik, implementasi, dan inovasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muthoharoh, Miftakhul. 2020. “Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills)”. Vol. 5 No. 2 November.

Nurdin, Syafrudin. 2005. Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum, Jakarta: PT. Ciputat Press.

Purwadi, Sutanto. 2019. Modul penyusunan Soal Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS), Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah, Menengah Atas.

Ramayulis. 2015. Dasar-Dasar Kependidikan Suatu Pengantar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Kalam Mulia.

Ridwan. Sani Abdullah. 2019. Pembelajaran Berbasis HOTS, Tangerang: Tira Smart.

Siswono Eko Yuli Tatang. 2008. Mengajar Dan Meneliti. Surabaya: Unesa University Press.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Memengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Published
2024-01-19
How to Cite
Nuraliza, N., Hifza, H., & Asyura, M. (2024). IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PENGEMBANGAN HOTS PADA MATA PELAJARAN PAI DI KELAS VIII B DI SMPN 1 SEMPARUK TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Lunggi Journal, 2(1), 97-104. Retrieved from https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/lunggi/article/view/2664