IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN IBADAH TERHADAP AKHLAK SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 3 SAMBAS TAHUN PELAJARAN 2022-2023
Abstract
Implementasi dalam program pendidikan ibadah terhadap akhlak siswa pada kelas VII di SMP Negeri 3 Sambas. Penelitian ini memiliki 3 acuan diantaranya sebagai berikut: yang pertama, perencanaan program pendidikan ibadah terhadap akhlak siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Sambas Tahun Pelajaran 2022-2023. Kedua, pelaksanaan program pendidikan ibadah terhadap akhlak siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Sambas Tahun Pelajaran 2022-2023. Ketiga, evaluasi program pendidikan ibadah terhadap akhlak siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Sambas Tahun Pelajaran 2022-2023. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan penyusunan secara deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ada 3 jenis yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan, teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi teknik dan member check, hasil penelitian yaitu: pertama, perencanaan program yang dilaksanakan di SMP Negeri 3 Sambas kepala sekolah mengharapkan siswa agar disiplin dan terbiasa sholat tepat waktu. kedua, perencanaan program sholat zuhur berjamaah yang dilaksanakan setiap hari senin dan kamis yang diharapkan agar siswa menghargai waktu dan membiasakan siswa untuk beribadah serta menjalankan perintah Allah Swt. ketiga, evaluasi program sholat zuhur yaitu persiapan sebelum melaksanakan sholat adanya penyiapan absensi untuk mencatat kehadiran siswa yang melaksanakan sholat zuhur berjamaah. Absensi yang memudahkan guru melihat dan mengetahui siswa yang sengaja bolos dan tidak mengikuti sholat zuhur berjamaah.
References
Ahmadi, Abu dan Salim, Noor. 2008. Dasar-Dasar Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ali, Yunasril. 2011. Buku Induk Rahasia Dan Makna Ibadah. Jakarta: Zaman.
Anwar, Gahral, Donny. 2010. Pengantar Fenomenologi. Depok: Koekoesan.
Anwar, Syaifudin.2014. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
As’ad, Aliy. 2007. Terjemah Ta’limul Muta’allim. Kudus: Menara Kudus.
Asmani, Ma’mur, Jamal. 2009. Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif dan Inovatif. Yogjakarta: DIVA Press.
Astiti, Ayu, Kadek. 2017. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Andi.
Basyir, Damanhuri. 2005. Ilmu Tasawuf. Banda Aceh: Yayasan Pena.
Bateman dan Snell. 2002. Management Competing In The New Era. New York: the MegGraw-Hll.
Bayrak, Tosun, Syekh dan Murtadha Muthahhari. 2007. Energi Ibadah. Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta.
Daradja, Zakiyah. 2003. Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang.
Departemen Agama RI. 2002. Al-Qur’an dan Terjemah. Jakarta: PT Media Pustaka.
Fattah, Nanang. 2006. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hadari Nawawi. 2007. Metode Penelitian Bidang Sosial. Jakarta: Universitas Gajah Mada.
Hadi, Amirul dan Haryono. 2005. Metodologi Penelitian dan Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Hambali. 2008. Perencanaan Ekstrakurikuler. Bandung: Rosdakarya.
Harun Rasyid, Harun. Metode Penelitian Kualitatif Bidang Ilmu Sosial dan Agama. Jakarta: Tarsito.
Hasbullah. 2012. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Rajawali Pers.
Ibrahim, Sudiana, Nana. 1984. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
Ilyas, Yunahar. 2012. Kuliah Akhlak. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
Kusumastuti, Adhi dan Ahmad Mustamil Khoiron. 2019. Metode Penelitian Kualitatif. Semarang: Lembaga Pendidikan Sukarno Presindo.
Mahdi, Adnan dan Mujahidin. 2014. Panduan Penelitian Praktis Untuk Menyusun Skripsi, Tesis Dan Disertasi. Bandung: Alfabet.
Masyur, Mustofa, Syekh. 2002. Berjumpa Allah Lewat Shalat. Jakarta: Gema Insani Press.
Mentari. 2011. Manajemen Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Alfabeta.
Moelong, Lexy J, 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Moleong, Lexy J. 1991. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mustofa, Budiman dan Silaturrohmah, Nur. 2011. Buku Pintar Ibadah Muslimah. Surakarta: Ziyad Visi Media.
Nur Uhbiyati. 2009. Long Life Education: Pendidikan Anak Sejak dalam Kandungan Sampai Lansia. Semarang: Walisongo Press.
Prihatin. Eka. 2011. Teori Administrasi Pendidikan. Jakarta: Alfabeta.
Siti Muawanah. 2012. Hubungan Pembiasaan Jamaah Sholat Zuhur Terhadap Kedisiplinan Dalam Belajar Siswa Kelas VI di MI Nyatnyono 01 Ungaran Barat, Kab. Semarang. Salatiga.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. 2021. Penilaian Program Pendidikan. Jakarta: PT Bina Aksara.
Suhartini, Andewi. 2007. Jurnal Pendidikan Belajar Tuntas: Latar Belakang, Tujuan, Dan Implikasi. Makassar: Vol 10, No 1.
Tayibnapis, Yusuf, Farida. 2016. Evaluasi Program. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Terry. 2006. Guide to Management, terjemahan J. Smith D. F. M. Prinsip-prinsip Manajemen. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Tim Dosen PAI. 2016. Bunga Rampai Penelitian dalam Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiya Berau Kalimantan Timur. Yogyakarta: Deepublish.
Tim Pengembangan Ilmu Pendidikan FIP UPI. 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian III. Bandung: PT Imperial Bhakti.
Tim Penyusun. 2017. Pedoman Penulisan Skripsi Fakultas Tarbiyah IAIS Sambas. Fakultas Tarbiyah Institus Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas.
Usman, Nurdin. 2002. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Usman, Nurdin. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Usman. 2008. Manajemen Pendidikan Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Yin, Robert K. 2005. Studi Kasus Desain dan Metode. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Zurinal dan Aminuddin. 2008. Fiqih Ibadah. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.