STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ALQURAN MELALUI PROGRAM KHATAMAN QURAN PADA SISWA KELAS VI A DI SEKOLAH DASAR NEGERI 4 TENGGULI TAHUN PELAJARAN 2022-2023
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan tentang: 1) Mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran melalui program khataman quran pada siswa kelas VI A di Sekolah Dasar Negeri 4 Tengguli tahun pelajaran 2022-2023; 2) Mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran melalui program khataman quran pada siswa kelas VI A di Sekolah Dasar Negeri 4 Tengguli tahun pelajaran 2022-2023; dan 3) Mendeskripsikan dan menganalisis evaluasi strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran melalui program khataman quran pada siswa kelas VI A di Sekolah Dasar Negeri 4 Tengguli tahun pelajaran 2022-2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sedangkan jenis penelitian ini adalah fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa; 1) Perencanaan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran melalui program khataman quran pada siswa kelas VI A di Sekolah Dasar Negeri 4 Tengguli yaitu: menentukan pendekatan secara privat untuk mengetahui keterampilan setiap siswa dalam membaca Alquran, menentukan langkah-langkah kegiatan dalam pembelajaran, menentukan metode dan menetapkan indikator keberhasilan dalam membaca Alquran. 2) Pelaksanaan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran melalui program khataman quran pada siswa kelas VI A di Sekolah Dasar Negeri 4 Tengguli dilakukan tadarus, untuk mencapai tujuan yang diinginkan guru PAI melakukan kerjasama dengan rekan sejawat, orang tua murid, dan masyarakat. 3) Evaluasi strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran melalui program khataman quran pada siswa kelas VI A di Sekolah Dasar Negeri 4 Tengguli dilakukan pada saat siswa membaca Alquran, yakni dengan menilai ketertiban dan kelancaran dalam membaca Alquran.
References
Anggito, Albi. & Setiawan, Johan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Suka Bumi: CV Jejak.
Arifin, Zainal. 2012. Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Departemen Agama RI. 2010. Al-Quran dan Terjemahnya. Semarang: CV. Toha Putra.
Lutfi, Achmad. 2009. Pembelajaran Al-Qur’a dan Hadits. Jakarta: Depag.
Madyan. & Shams, Ahmad. 2008. Peta Pembelajaran Al-Quran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mahdi, Adnan. & Mujahidin. 2017. Panduan Penelitian Praktis Untuk Menyusun Skripsi Tesis Dan Disertasi. Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas.
Majid, Abdul. 2015. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Moleong, Lexy J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mustofa, Ali. & Yuliana, siti. 2019. Kontribisi Khotmil Quran dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Membaca Alquran di MA Darul Faizin Assalafiyah Catak Gayam Mojowarno Jombang, “Inovatif”.
Nawawi, Hadari. 2007. Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.
Room, Muh. 2006. Implementasi Nilai-nilai Tasawuf dalam Pendidikan Islam: Solusi Mengantisifasi Krisis Spiritual di Era Globalisasi. Makassar: Yapma.
Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidkan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Suwarno, Wiji. 2009. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Syaifuddin, Ahmad. 204. Mendidik Anak Menulis, Membaca dan Mencintai AL-Quran. Jakarta: Gema Insani.
Tanzeh, Ahmad. 2009. Pengantar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Teras.
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa Indonesia. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.
Tim Penyusun. 2017. Pedoman Penulisan Skripsi Fakultas Tarbiyah IAIS Sambas. FakultasTarbiyah Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas