PELAKSANAAN PROSES PEMBELAJARAAN MEWARNAI GAMBAR UNTUK MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD SUHADA GALING TAHUN PELAJARAAN 2022-2023
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap tentang: 1) Bagaimana proses pembelajaran mewarnai gambar untuk mengembangkan motorik halus anak usia 5-6 tahun di paud suhada galing tahun pembelajaran 2022-2023; 2) Bagaimana pelaksanaan proses pembelajaran mewarnai gambar untuk mengembangkan motorik halus anak usia 5-6 tahun dipaud suhada galing tahun pelajaran 2022-2023; 3) Bagaimana evaluasi pelaksanaan proses pembelajaran mewarnai gambar untuk mengembangkan motorik halus anak usia 5-6 tahun di paud suhada galing tahun pembelajaran 2022-2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan obervasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, display data dan verifikasi data dan Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1. Bagaimanakah perencanaan Proses Pembelajaran Mewarnai Gambar Untuk Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD Suhada Galing Tahun Pelajaran 2022-2023 membuat RPPH, menyiapkan mewarbna gambar sesuai dengan buku panduan, menyiapkan capaian harian 2. Pelaksanaan Proses Pembelajaran mewarnai gambar Untuk Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD Suhada Galing T ahun Pelajaran 2022-2023? Terdiri atas beberapa langkah, yakni Tahap persiapan, Tahap pelaksanaan dan Tahap penyelesaian 3. Evaluasi pelaksanaan kegiatan mewarnai dalam Mengembangkan motorik halus anak usia 5-6 tahun DI PAUD Suhada Galing Tahun Pelajaran 2022-2023? dengan mengumpulkan hasil dari capian perkembangan harian kemudian disesuaikan dengan aspek yang ingin dicapai yaitu mengembangakan motorik halus.
References
Eveline Siregar dan Hartini Nara, 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia
J Moleong, 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya.
Muhibbin Syah, 2000. Psikologi Pendidikan, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Niluh Sri Murdiani, 2017. Pengaruh Kegiatan Mewarnai Gambar Dalam Meningkatkan Motorik Halus Anak di Kelompok B TK Jaya Kumara Desa Balinggi Jati Kecamatan Balinggi Kabupaten Parigi Moutong.
Nurul Fadhilah, 2019. Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mewarnai di Kelompok B TK Kklkmd Sedyo Rukun Bambanglipuro, Bantul.
Salwiah, 2019. Meningkatkan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Mewarnai Dengan Cat Air Di TK Tunas Bahari Kelurahan Bone-Bone Kota Baubau. Gema Pendidikan. Volume 26 Nomor 2.
Sri Rumini dan Siti Sundari, 2004. Perkembangan Anak dan Remaja, JAKARTA: PT. Asdi Mahasatya.
Suyanto, 2005. Konsep Dasar Anak Usia Dini : Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
Asmawati, Luluk. 2014. Perencanaan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdaykarya.
Asmidar. 2020. Parapat, Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: Edu Publisher.
Departemen Agama RI. 2019. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Semarang: Komodasmoro Grafindo.
El-Khuluqo, Ihsan. 2015. Manajemen PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fadillah, Muhammad dkk. 2017. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gaya Media.
Helmawati. 2015. Mengenal dan Memahami PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kafkaylea Abu. 2020. Pengembangan Nilai Motorik Anak Usia Dini. Jawa Barat: Edu Publisher.