PROBLEMATIKA KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SDS TARBIYATUL ISLAM SAMBAS TAHUN PELAJARAN 2022-2023

  • Sopiana Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
Keywords: Probelmatika, Kesulitan Belajar, Mata Pelajaran Matematika

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah: 1) Mendeskripsikan proses pembelajaran matematika kelas IV di SDS Tarbiyatul Islam Sambas Kecamatan Sambas Tahun Pelajaran 2022-2023. 2) Mendeskripsikan faktor penyebab kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran matematika kelas IV di SDS Tarbiyatul Islam Sambas Kecamatan Sambas Tahun Pelajaran 2022-2023. 3) Mendeskripsikan solusi mengatasi kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran matematika kelas IV di SDS Tarbiyatul Islam Sambas Kecamatan Sambas Tahun Pelajaran 2022-2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan ialah deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah reduksi data, display data/penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi teknik dan member check. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Langkah-langkah dalam Proses pembelajaran matematika kelas IV adalah sebagai berikut: a) Merumuskan tujuan pembelajaran; b) Menetapkan pengalaman belajar; c) Menentukan kegiatan belajar mengajar; d) Menyediakan media dan alat; e) Mengkondisikan fasilitas fisik; f) Menyusun rencana evaluasi belajar; 2) Kesulitan belajar mencakup empat hal yaitu: a) Learning disorder (kekacauan belajar); b) Learning disabilities (tidak mampu belajar); c) Learning disfunction (belajar tidak berfungsi); d) Slow learner (lambat belajar); 3) Faktor intern seperti rendahnya inteligensi dan sikap siswa. Siswa mengakui kurangnya daya serap dalam menerima materi pelajaran matematika sehingga hasil belajarnya rendah sikap tidak suka yang siswa tunjukkan dalam pembelajaran matematika membuat guru kesulitan dalam menyampaikan materi. Sikap siswa yang tidak berusaha keras agar mengerti dengan pembelajaran matematika. Faktor ekstern seperti rendahnya kehidupan ekonomi keluarga, teman sepermainan, dan alat-alat belajar yang berkualitas rendah. Siswa mengaku kesulitan dalam belajar matematika, tapi tidak mampu ikut les tambahan. Faktor ekstern lainnya yang menjadi penyebab siswa kesulitan belajar matematika adalah teman sepermainan.

References

A.M, Sardiman. 2014. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Abdurrahman, Mulyono. 2010. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmadi, Abu dan Supriyono, Widodo. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmadi, Iif Khoiru. Dkk. 2011. Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Depdiknas. 2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

E.I, Novita dan Listiara, Anita. 2006. “Evektifitas Metode Pembelajaran Gotong Royong untuk Menurunkan Kecemasan Siswa dalam Menghadapi Pelajaran Matematika.” dalam Jurnal Psikologi Unversias Diponegoro, Vol. 3 No. 1, 2006, hlm. 11.

Fitri, Rahman. 2014. Penerapan Strategi The Firing Line pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batiputih.” dalam Jurnal Pendidikan matematika UNP, Vol. 3 No. 1, 2014, hlm. 18.

Hasratuddin. 2008. “Permasalahan Pembelajaran Matematika Sekolah dan Alternatif Pemecahannya, Jurusan Matematika, FMIPA Universitas Negeri Medan.” Dalam Journal UNY Pythagoras, Vol. 4, No. 1, 6773.

Hendriana, Heris dan Soemarmo, Utari. 2014. Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Iskandar. 2014.”Problematika Pelaksanaan Ibadah Shalat pada Pendidikan Agama Islam di SMPN 12 Kota Bengkulu.” Skripsi. S1 Fakultas Tarbiyah dan Tadris, Institut Agama Islam Negeri Bengkulu, Tahun 2014 , hlm. 10.

Ramdhani, Muhammad Tri. 2015. ”Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam SDN-3 Telangkah Desa Hampalit Kabupaten Katingan.” dalam Jurnal: Hadratul Madaniyah, Vol. 2, No. 2, Desember 2009, hlm. 25.

Runtukahu, J. Tombokan dan Kandou, Selpius. 2014. Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sundayana, Rostina. 2016. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.

Tim Penyusun. 2009. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Tim Pustaka Yustisia. 2013. Perundangan tentang Kurikulum Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2013. Yogyakarta: Pustaka Yustisia.

Wood, Derek. 2017. Kiat Mengatasi Gangguan Belajar. Yogyakarta: Katahati.
Published
2024-04-02
How to Cite
Sopiana. (2024). PROBLEMATIKA KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SDS TARBIYATUL ISLAM SAMBAS TAHUN PELAJARAN 2022-2023. Lunggi Journal, 2(2), 175-188. Retrieved from https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/lunggi/article/view/2783