PEMANFAATAN SARANA DAN PRASARANA OLEH GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII A DI SMP NEGERI 7 SAMBAS TAHUN PELAJARAN 2022-2023

  • Susi Susanti Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
Keywords: pemanfaatan sarana, prasarana, guru pendidikan agama islam, meningkatkan hasil belajar siswa

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap tentang: 1) pemanfaatan sarana dan prasarana oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII A di SMP Negeri 7 Sambas Tahun Pelajaran 2022-2023; 2) hasil pemanfaatan sarana dan prasarana oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII A di SMP Negeri 7 Sambas Tahun Pelajaran 2022-2023; dan 3) faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam memanfaatkan sarana dan prasarana dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII A di SMP Negeri 7 Sambas Tahun Pelajaran 2022-2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pemanfaatan sarana dan prasarana oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 7 Sambas yakni dengan cara guru Pendidikan Agama Islam memanfaatkan sarana dan prasarana yang tersedia di sekolah, seperti memanfaatkan perlengkapan yang ada dalam kelas, memanfaatkan masjid atau mushola untuk praktek dan memanfaatkan perpustakaan untuk mencari buku-buku pendukung dalam proses pembelajaran. 2) Hasil pemanfaatan sarana dan prasarana yaitu siswa melaksanakan sholat zuhur berjamaah di masjid atau mushola tanpa harus diperintahkan terlebih dahulu, siswa aktif di kelas sehingga nilai yang diperoleh meningkat dan siswa rajin ke perpustakaan untuk mencari buku-buku pendukung pada saat proses pembelajaran. 3) Faktor pendukung pemanfaatan sarana dan prasarana dalam meningkatkan hasil belajar siswa ialah perawatan sarana dan prasarana yang tersedia di sekolah dan siswa bisa menerima dengan pemanfaatan sarana dan prasarana yang ada. Sedangkan faktor penghambat yakni lalai dalam menjaga dan memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada. selain itu pemanfaatan sarana dan prasarana kurang bervariasi sehingga siswa mudah bosan dalam proses pembelajaran berlangsung.

References

Sardiman, Arief S. dkk. 1986. Media Pendidikan (Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatanya). Jakarta: Rajawali.

Suryorubroto, B. 2010. Manajemen Pendidikan di Sekolah, Jakarta: Rineka

Arikunto, Suharsimi. 2005. Dasar-Dasar Evaluasi. Bandung: Rineka Cipta.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003. 2006. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Fokusmedia.

Qomar, Mujamil. 2007. Manajemen Pendidikan Islam. Malang: Erlangga.

Tim Penyusun, 2017. Pedoman Penulisan Skripsi Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas. Sambas: Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas Edisi Revisi 2017.

Angito, Albi dan Johan Setiawan. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Soewadji, Jusuf. 2012. Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Media

Kusnadi, Edi. 2008. Metodologi Penelitian. Metro: STAIN Mero dan Ramayana Pers.
Moleong, Lexy, J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Barnawi dan Arifin. 2014. Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Herawati, Sri. 2020. “Manajemen Pemanfaatan Sarana dan Prasarana Pembelajaran”, dalam Innovative Education Journal, Vol. 2, No. 3/November 2020, hlm 24

Irawan, Prasetya. 2007. Metodologi Penelitian Administrasi, Edisi 1. Jakarta: Universitas Terbuka.


Moleong, Lexy, J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ridwan, Nurul Haeriyah dan Nurlinda Bt. Suardi, 2022. Monogrof Manajemen Pendidikan Islam Yogyakarta: Jejak Pustaka.

Septianti, Nevi & Rara Afiani. 2020. “Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2,” dalam Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Vol. 2, No 1/Tahun 2020, hlm. 15.

Sidiq, Umar & Moh. Miftachul Choiri. 2019. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponogoro: CV Nata Karya.

Syafi’I, Ahmad dkk. 2008. “Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa dalam Berbagai Aspek dan Faktor yang Mempengaruhi”, dalam Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol. 2, No. 2/Tahun 2008, hlm. 122.

Syah, Muhibbin. 2009. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Syukur, Fatah. 2008. Teknologi Pendidikan. Semarang: Rasail Media Group.

Tanjung, Nurtuah. 2017. “Tafsir Ayat- Ayat Al- Quran Tentang Manajemen Sarana Prasarana,” dalam Jurnal Sabillaraspad, Vol. 2, No. 1 / Tahun 2017.

Tim Penyusun, 2017. Pedoman Penulisan Skripsi Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas. Sambas: Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas Edisi Revisi 2017.
Published
2024-04-02
How to Cite
Susanti, S. (2024). PEMANFAATAN SARANA DAN PRASARANA OLEH GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII A DI SMP NEGERI 7 SAMBAS TAHUN PELAJARAN 2022-2023 . Lunggi Journal, 2(2), 189-200. Retrieved from https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/lunggi/article/view/2784