PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SDS TARBIYATUL ISLAM SAMBAS TAHUN 2022-2023

  • Erna Hasni Soleha Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
Keywords: Media Audiovisual, Motivasi Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penggunaan media audiovisual dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SDS Tarbiyatul Islam Sambas. Penelitian ini memiliki tiga tujuan penelitian diantaranya sebagai berikut: Pertama, mendeskripsikan dan menjelaskan bagaimana guru merancang media audiovisual dari setiap materi yang disampaikan kepada siswa di SDS Tarbiyatul Islam Sambas Tahun Pelajaran 2022-2023. Kedua, mendeskripsi dan menjelaskan penggunaan media audiovisual dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SDS Tarbiyatul Islam Sambas Tahun Pelajaran 2022-2023. Ketiga, mendeskripsikan dan menjelaskan tanggapan siswa megenai media audiovisual yang dibuat guru di SDS Tarbiyatul Islam Sambas Tahun Pelajaran 2022-2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sedangkan jenis penelitian ini adalah deskiptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ada tiga jenis yaitu: Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Kemudian teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi dan member check. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Guru merancang media audiovisual pada setiap materi pembelajaran yaitu: a) Mencari warna dan gambar yang sesuai dan menarik; b) Suara pada media menggunakan alat bantu speaker; c) Bahan/ajar disesuaikan dengan buku tematik; d) Durasi disesuaikan tidak melebihi jam pelajaran. 2) Penggunaan media audiovisual dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu: a) Perencanaan membuat rpp, menyiapkan peralatan penggunaan media; b) Pelaksanaan menjelaskan materi dengan media audiovisual dalam bentuk powerpoint berisikan video dan gambar-gambar lalu melakukan tanya jawab; c) Evaluasi memberikan soal dan tugas bentuk tertulis & dari keaktifan siswa; d) Tindak lanjut memberikan tugas rumah. 3) Tanggapan siswa pada media audiovisual yang dibuat guru, materi yang disampaikan menjadi jelas, siswa mudah paham, siswa fokus memperhatikan, siswa aktif, antusias dan semangat, media dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

References

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ahmad, Hendra dkk. 2023. Pengantar Teknologi Pendidikan. Sukoharjo: Cv Pradina Pustaka.
Ahmad, Syarwani & Zahruddinin Hodsay. 2012. Profesi Kependidikan dan Keguruan. Yogyakarta: CV Budii Utama.
Anita, Sri. 2009. Media Pembelajaran. Surakarta: FKIP UNS.
Asrul, dkk. 2015. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media.
Cecep Kustandi & Daddy Darmawan. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Efendi, Rinja. 2020. Pendidikan Karakter di Sekolah. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.
Febriana, Rina. 2019.Kompetensi Guru, Jakarta: Bumi Aksara, 2019..
Feby, Olivia. 2022. Media Pembelajaran. Pasaman: CV. Azka Pustaka.
Hamalik, Oemar. 2003. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Harkoyo. Efektivitivas Pemanfaatan Media Audiovisual Sebagai Altrnatif Optimalisasi Metode Pembelajaran. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1).
Herwati, Moh. 2023. Motivasi dalam Pendidikan. Malang: Literasi Nusantara Abadi Grup.
Hilir, Alwi. 2021. Teknologi Pendiidkan di Abad Digital. Klaten: Anggota IKAPI.
Lestari, K, E & Yudhanegara, M.R. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refiika Aditama.
Martini, “Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al Quran Hadits III MIS At Taqwa Sambas Tahun Pelajaran 2018-2019”, Skripsi pada Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas Tahun 2018
Mayasari, Nanny dkk. 2022. Perencanaan Pendidikan. Serang: Sada Kurnia Pustaka.
Purwanto. 2007. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Sabariah, Hayatun dkk. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran PAI. Sumtra Barat: CV. Azka Pustaka.
Sudjana dan Ahmad Rivai. 2001. Media Pengejaran. Bandung: Sinar Baru Algen Sindo.
Uno, Hamzah. 2006. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Walidain, Biruul. 2015. “Pemanfaatan MedIa Audio Visual Dalam Peningkatan Hasil Belajar Akidah Akhlak di Kelas VII SMP Islam Darul Ulum Banda Aceh.” Skripsi pada UIN Banda Aceh, Fakultas Tarbiyatul Prodi pendidikan Agama Islam.
Wijaya, Sastra . 2021. Kampus Merdeka dan Inovas Pendidikan. Banten: Desanta Muliavisitama.
Yaumi, Muhammad. 2021. Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Yuniastuti dkk. 2021. Media Pembelajaran Untuk Generasi Milenial Tinjau Teoritis dan Pedoman Praktis. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.
Published
2024-04-02
How to Cite
Soleha, E. H. (2024). PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SDS TARBIYATUL ISLAM SAMBAS TAHUN 2022-2023. Lunggi Journal, 2(2), 201-213. Retrieved from https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/lunggi/article/view/2785