PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE TALKING STICK OLEH GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SDS TARBIYATUL ISLAM SAMBAS TAHUN PELAJARAN 2022-2023

  • Rina Herlina Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
Keywords: Talking Stick, Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan tentang: Perencanaan,  Pelaksanaan, dan Evaluasi penggunaan model kooperatif tipe talking stick dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas II SDS Tarbiyatul Islam Sambas Tahun Pelajaran 2022-2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan sumber data dalam penelitian ini adalah wali kelas II, kepala sekolah, dan siswa kelas II.  Selanjutnya teknik analisis data yang dilakukan yaitu: reduksi data, display data, verifikasi dan penarikkan kesimpulan, sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data peneliti menggunakan 2 teknik yaitu: triangulasi dan membercheck. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan penggunaan model kooperatif tipe talking stick yaitu; a) menyusun RPP; b) menyiapkan materi pembelajaran; c) menyiapkan media pembelajaran yakni berupa tongkat; d) pengkondisian siswa untuk siap dalam pembelajaran; e) menyampaikan prosedur pembelajaran; f) mendiskusikan dengan siswa aturan dari model pembelajaran kooperatif tipe talking stick. (2) Pelaksanaan penggunaan model kooperatif tipe talking stick yaitu; a) pembagian siswa dalam beberapa kelompok; b) menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari; c) siswa diberi waktu untuk berdiskusi dan mempelajari materi; d) menggulirkan tongkat seterusnya sampai lagu berhenti dan menjawab pertanyaan; e) siswa lain boleh membantu menjawab; f) guru dan siswa menyimpulkan materi; h) guru menutup pembelajaran. (3) Evaluasi penggunaan model kooperatif tipe talking stick yaitu; a) menentukan tujuan evaluasi; b) menentukan aspek-aspek yang akan di evaluasi; c) menentukan teknik evaluasi, tes atau non tes, tertulis atau lisan; d) menyusun alat-alat evaluasi; e) melaksanakan evaluasi; f) menetukan hasil evaluasi; g) menindaklanjuti hasil evaluasi.

References

Hamalik,Oemar. 2003. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Huda, Fathul. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pokok Bahasan Pancasila sebagai Dasar Negara Republik Indonesia Kelas VI Tahun Pelajaran 2017/2018”, dalam Jurnal PTK dan Pendidikan. Vol 3. No. 2. 2017

Isjoni. 2010. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Komara Endang. 2014. Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Bandung: PT.Refika Aditama

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suprijono, Agus 2009. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suyatno. 2014. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Surabaya:Mamedia Buana Pustaka.

Syahdan. 2015. Peningkatan Pemahaman Bahasa Arab Melalui Strategi Bermain Peran. NTB: Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Palapa Nusantara Lombok.
Published
2024-04-02
How to Cite
Rina Herlina. (2024). PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE TALKING STICK OLEH GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SDS TARBIYATUL ISLAM SAMBAS TAHUN PELAJARAN 2022-2023. Lunggi Journal, 2(2), 222-230. Retrieved from https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/lunggi/article/view/2787