STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN ASPEK PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS KELAS A DI TK IT YA BUNAYYA SAMBAS TAHUN PELAJARAN 2022/2023

  • Ilma Nurlaili Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
Keywords: Strategi Guru, Motorik Kasar, , Anak Berkebutuhan Khusus

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan tentang perencanaan, pelaksanaaan, dan evaluasi strategi guru dalam meningkatkan aspek perkembangan motorik kasar anak berkebutuhan khusus kelas A di TK IT Ya Bunayya Sambas tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, display data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan strategi guru dalam meningkatkan aspek perkembangan motorik kasar anak berkebutuhan khusus kelas A yaitu, menyiapkan program semester yang berisikan tema-tema pembelajaran, menyusun RPPM dan menetapkan Kompetensi Dasar, menyusun RPPH dan menyiapkan media pembelajaran. Pelaksanaan strategi guru dalam meningkatkan aspek perkembangan motorik kasar anak berkebutuhan khusus kelas A terdiri atas beberapa langkah yakni: Pertama, kegiatan pendahuluan seperti salam, sapa dan pembiasaan Islam Terpadu. Kedua, kegiatan inti guru menerapkan strategi melalui manipulation (penggunaan konsep) dan imitation (peniruan). Ketiga, kegiatan penutup menanyakan kembali pembelajaran, berdoa dan pulang. Sedangkan evaluasi strategi guru dalam meningkatkan aspek perkembangan motorik kasar anak berkebutuhan khusus kelas A yaitu: dengan mengumpulkan hasil dari ceklis harian kemudian disesuaikan dengan aspek yang ingin dicapai yaitu aspek motorik kasar.

References

An-Nizzah, Humairah Wahidah. dkk. (2018). Bahan Ajar Parenting: Mengenal Lebih Dekat Anak Berkebutuhan Khusus dan Pendidikan Inklusi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. (2015). Pedoman Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.

Majid, Abdul. (2006). Perencanaan Pembelajaran (Mengembangkan Standart Kompetensi Guru). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Meleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2012). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Santoso, Hargio. (2012). Cara Memahami Dan Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Sujiono, Bambang. (2015). Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sujiono, Yuliani Nurani. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Susanto, Ahmad. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Suyadi. (2011). Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.

Undang Undang Dasar 1945 pasal 31 ayat 1 dan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yusuf, Muri. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.Lestariningrum, Anik. (2017). Perencanaan Pembelajaran Anak Usia Dini. Nganjuk. Adjie Media Nusantara.
Published
2024-04-02
How to Cite
Nurlaili, I. (2024). STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN ASPEK PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS KELAS A DI TK IT YA BUNAYYA SAMBAS TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Lunggi Journal, 2(2), 241-252. Retrieved from https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/lunggi/article/view/2789