STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS VI B PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 3 SAMBAS KECAMATAN TEBAS KEBUPATEN SAMBAS TAHUN PELAJARAN 2022-2023

  • Indah Bestarani Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Arnadi Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Sera Yuliantini Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
Keywords: Strategi Guru, Kesulitan Belajar, Pembelajaran Matematika

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap tentang: 1) Perencanaan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VI B pada mata pelajaran matematika di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Sambas Kecamatan Tebas Kabupaten Sambas Tahun Pelajaran 2022-2023; 2) Pelaksanaan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VI B pada mata pelajaran matematika di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Sambas Kecamatan Tebas Kabupaten Sambas Tahun Pelajaran 2022-2023; 3) Evaluasi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VI B pada mata pelajaran matematika di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Sambas Kecamatan Tebas Kabupaten Sambas Tahun Pelajaran 2022-2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian fenomonologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display atau penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi dan member chek. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, perencanaan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VI B pada mata pelajaran matematika di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Sambas yakni: 1) Menyiapkan buku paket sebagai referensi mengajar; 2) Memilih strategi dan metode pembelajaran yang akan digunakan sesuai dengan kondisi belajar siswa, ketersediaan sarana dan prasarana yang mendukung, dan semangat belajar siswa; 3) Menjadikan RPP sebagai acuan mengajar.  Pelaksanaan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VI B pada mata pelajaran matematika di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Sambas yakni: 1) Menggunakan strategi pembelajaran langsung; 2) Menggunakan metode ceramah, tanya jawab, diskusi, dan drill atau latihan. Evaluasi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VI B pada mata pelajaran matematika di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Sambas adalah dilakukan melalui dua macam evaluasi yakni: 1) Evaluasi formatif dalam bentuk tes lisan dan tulisan saat berlangsungnya proses pembelajaran; 2) Evaluasi sumatif dalam bentuk tes tulisan piliihan ganda dan essay yang dilaksanakan saat Penilaian Akhir Semester (PAS).

References

Adimassana, Y. B. 2016. Logika Ilmu Berpikir Lurus. Yogyakarta: Shanata Dharma University Press

Ahmadi, Abu dan Widodo S. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta.

Atmaka, Dri. 2004. Tips Menjadi Guru Kreatif. Bandung: Yrama Widy.

Cahyani, Tinuk Dwi. 2018. Hukum Waris Dalam Islam. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Daryanto. 2008. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamzah, Amir. 2020. Metode Penelitian Fenomenologi Kajian Filsafat dan Ilmu Pengetahuan. Malang: CV. Literasi Nysantara Abadi.

Heruman. 2014. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Johar, Rahman. 2016. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Kementerian Agama RI. 2012. Al-Qur’an dan Tafsirnya. Jakarta: Kementerian Agama RI.

Khairi, Alfen. 2020. Pendidikan Adab Dan Karakter Menurut Hadis Nabi Muhammad Saw. Bogor: Guepedia.

Majid. Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mardapi, Djemari. 2012. Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi. Yogyakarta: Nuha Medika.

Putra, Sitiava Rizema. 2013. Desain Evaluasi Belajar Berbasis Kinerja. Yogyakarta: Diva Press.

Sa’ud dan Makmun. 2014. Perencanaan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

San, Ridwan Abdullah. 2019. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sholekah, L. M, D. Anggreini, dan A. Waluyo. 2017. Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Fokus Pada Berpikir Kritis dan Kreatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2013. Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: CV Alfabeta.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 2 Tahun 2003.
Published
2024-04-03
How to Cite
Bestarani, I., Arnadi, & Sera Yuliantini. (2024). STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS VI B PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 3 SAMBAS KECAMATAN TEBAS KEBUPATEN SAMBAS TAHUN PELAJARAN 2022-2023. Lunggi Journal, 2(2), 253-264. Retrieved from https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/lunggi/article/view/2791