PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN FIQIH DI KELAS IV MIS DARUL IHSAN SEPINGGAN PASCA KEBAKARAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

  • Tiara Nur Afni Afni Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
Keywords: Problematika, Pembelajaran Fiqih, Pasca Kebakaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengambarkan secara jelas tentang: 1) Mengetahui proses Pembelajaran Fiqih di Kelas IV MIS Darul Ihsan Sepinggan Pasca Kebakaran Tahun pelajaran 2022/2023. 2) Mengetahui  problematika Pembelajaran Fiqih di Kelas IV MIS Darul Ihsan Sepinggan Pasca Kebakaran Tahun pelajaran 2022/2023. 3) Mengetahui upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi problematika Pembelajaran Fiqih di Kelas IV MIS Darul Ihsan Sepinggan Pasca Kebakaran Tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi, adapun teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, display data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: Proses Pembelajaran Fiqih di Kelas IV MIS Darul Ihsan Sepinggan Pasca Kebakaran Tahun pelajaran 2022/2023. Menggunakan perencanaan berupa RPP yang dilakukan dengan menggunakan metode dalam proses pembelajaran seperti metode ceramah, tanya jawab, praktek. Problematika Pembelajaran Fiqih di Kelas IV MIS Darul Ihsan Sepinggan Pasca Kebakaran Tahun pelajaran 2022/2023. Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam penyampaian materi pada siswa kelas IV yaitu, peserta didik, waktu yang tersedia, bahan ajar, serta sarana dan prasarana, guru dan lingkungan sosial. Upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi problematika pelajaran  Pembelajaran Fiqih .di Kelas IV MIS Darul Ihsan Sepinggan Pasca Kebakaran Tahun pelajaran 2022/2023 melalui pendekatan seperti keimanan dengan cara memberikan hapalan, pengalaman berupa praktek, dan kebiasaan berupa mengamalkan.

References

Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta.

Zailani Zulmiati. 2006. Pembinaan Kehidupan Beragama di Lingkungan Generasi Muda Khususnya di Kalangan Remaja, Jakarta: Depag RI.

M. Saleh Marzuki. 2001. Pendidikan nonformal Dimensi dalam Keaksaraan Fungsional, Pelatihan dan Andraggogi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Bambang Subandi Dkk. 2012, Studi Hukum Islam, Surabaya: IAIN Sunan Ampel Press.

Gunawan Heri. 2014, Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi, Bandung: Alfabeta
Published
2024-04-03
How to Cite
Afni, T. N. A. (2024). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN FIQIH DI KELAS IV MIS DARUL IHSAN SEPINGGAN PASCA KEBAKARAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Lunggi Journal, 2(2), 297-306. Retrieved from https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/lunggi/article/view/2795