PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS IV DI MIS NURUL HIKMAH SEKURA TAHUN PELAJARAN 2022-2023

  • Herviwani Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
Keywords: Model Make A Match, Guru Akidah Akhlak, Siswa Kelas IV MIS Nurul Hikmah

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penerapan model pembelajaran make a match dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas IV MIS Nurul Hikmah Sekura. Peneliti ini memiliki tiga tujuan penelitian di antaranya sebagai berikut; 1) Perencanaan guru dalam model pembelajaran make a match mata pelajaran Akidah Akhlak. 2) Pelaksanaan guru dalam model pembelajaran make a match mata pelajaran Akidah Akhlak. 3) Evaluasi guru dalam model pembelajaran make a match mata pelajaran Akidah Akhlak. Subjek penelitian ini adalah guru Akidah Akhlak, kepala sekolah, siswa kelas IV MIS Nurul Hikmah Sekura. Mendapatkan data yang berhubungan dengan fokus penelitian, peneliti mengadakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan dua teknik yaitu: 1) Teknik Triangulasi, 2) Teknik Member Check. Hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) Dalam merencanakan pembelajaran dengan menggunakan model make a match untuk meningkatkan pelaksanaan belajar siswa dalam pembelajaran Akidah Akhlak, guru menyusun silabus dan membuat RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). 2) Pelaksanaan model make a match ini dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: a) Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok. b) Setiap siswa mendapatkan satu kartu dan memikirkan jawaban atau soal dari kartu yang dipegang. c) Siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya. d) Siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin. e) Setelah satu babak kartu dikocok lagi agar setiap siswa mendapatkan kartu yang berbeda dari sebelumnya, demikian seterusnya. f) Siswa juga bisa bergabung dengan 2 atau 3 siswa lainnya yang memegang kartu yang cocok. g) Guru bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan terhadap materi pelajaran. h) Kesimpulan. 3) Evaluasi yang dilakukan guru Akidah Akhlak dalam menggunakan model make a match mata pelajaran Akidah Akhlak agar meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan pengamatan keaktifan siswa, antusias siswa dan menggunakan tes tulis sebagai hasil akhir.

References

Abdul Majid, 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Rosda Karya.

Agus Suprijono, 2015. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jusmawati, Satriawati, dkk, 2020. Model-Model Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Samudra Biru.

Suyadi, 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Kokom Komalasari, 2010. Pembelajaran Kontekstual, Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Miftahul Huda, 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Miftahu Huda, 2004. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Imas Kurniasih & Berlin Sani, 2017. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalias Guru. Jakarta: Kata Pena.

Kunandar, 2014. Penilaian Autentik (Peniaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Agus Suprijono, 2010. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran. akarta: PT Raja Grafindo Persada.

Oemar Hamalik, 1995. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Published
2024-04-03
How to Cite
Herviwani. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS IV DI MIS NURUL HIKMAH SEKURA TAHUN PELAJARAN 2022-2023. Lunggi Journal, 2(2), 307-316. Retrieved from https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/lunggi/article/view/2796