EFEKTIVITAS BUDAYA LITERASI DALAM MENINGKATKAN MINAT MEMBACA AL-QUR’AN SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 3 SAMBAS TAHUN 2022-2023

  • Mely Agista Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
Keywords: literasi budaya, meningkatnya daya tarik, membaca Al-Qur'an, madrasah siswa ibtidaiyah

Abstract

Penelitian ini membahas tentang: 1) Pelaksanaan budaya literasi dalam meningkatkan minat membaca Al-Qur’an siswa di MIN 3 Sambas tahun pelajaran 2022/2023. Efektivitas budaya literasi dalam meningkatkan minat membaca Al-Qur’an siswa di MIN 3 Sambas tahun pelajaran 2022/2023; 3) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan budaya literasi dalam meningkatkan minat membaca Al-Qur’an siswa di MIN 3 Sambas.

Teknik penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Adapun teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triagulasi dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan budaya literasi dalam meningkatkan minat membaca siswa di MIN 3 Sambas Tahun Pelajaran 2022-2023 terbagi menjadi tiga tahap yaitu tahap pembiasaan, tahap pengembangan dan tahap pembelajaran. 2) Keefektivan budaya literasi dalam meningkatkan minat membaca Al-Qur’an di MIN 3 Sambas sudah efektif sesuai ukuran pencapaian efektif suatu program dari perbandingan proses dan hasil dari kegiatan budaya literasi yaitu keberhasilan program, keberhasilan sasaran dan pencapaian keseluruhan. 3) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan budaya literasi dalam meningkatkan  minat membaca Al-Qur’an siswa di MIN 3 Sambas tahun pelajaran 2022-2023 yaitu faktor pendukung pelaksanaan budaya literasi meliputi: adanya sarana dan prasarana yang memadai, kerjasama antar guru dalam proses budaya literasi serta dukungan dari orangtua siswa, faktor penghambat pelaksanaan budaya literasi meliputi: alokasi waktu literasi, karakter siswa yang berbeda, minat siswa yang rendah serta pemahaman siswa dalam membaca Al-Qur’an.

References

Ahmadi, Abu. 2017. Psikologis Belajar. Jakarta:PT Rineka Cipta

Alberta. 2010. Government of Literacy First: A Plan for Action. Canada: Alberta

Al-Dimisqi, Abu Fida Al-Hafiz ibn Katsir. 2007. Tafsir Al-Qur’an Al-Adzim, Jilid 4. Beirut: DarAl-Fikr

Alek & Achmad. 2010. Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Prenada Media

Arikunto, Suharsimi. 2010. Metodelogi Penelitian. Jakarta:Rineka Cipta

Azwar. 2001. Metode Penelitian. Yogyakarta:Pustaka Pelajar

Barnawi & Arifin, Mohammad. 2014. Kinerja Guru Profesional. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Basrowi & Suwandi, Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta

Brien, Lisa M.O dkk. 2014.“Examining Differential Effects of a Family Literacy Program on Language and Literacy Growth of English Language Learners with Varying Vocabularie,” dalam Journal of Literacy Research, Oktober 2014, hlm. 21.

Chaplin. 2006. Kamus Lengkap Psikologi Terjemahan oleh Kartini Kartono. Jakarta: RajaGrafindo Persada

Dharma, Satria. 2016. Transformasi Surabaya Sebagai Kota Literasi. Surabaya: Unesa University Press.

Dirjendikdasmen. 2016. Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Kemendikbud.

Djaramah, Syaiful Bahri. 2016. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Emzir. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Fadilah, Nur. 2016. “Efektivitas Metode Pembelajaran Al-Qur‟an, Studi Komparasi Implementasi Metode Tilawati dan Metode At-tartil Di Yayasan Himmatun Ayat Surabaya”. Tesis pada UIN Sunan Ampel Surabaya.

Faradina, Nindya. 2017. “ Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa”, dalam Jurnal Hanata Widya, Vol. 6 No. 8 /Tahun 2017, hlm 61.

Ghony & Almanshur. 2012. Metode Penelitian Kualitatif,. Jogjakarta: Ar-Ruzz

Gustini, Neng. 2016. Budaya Literasi (Model Pengembangan Budaya Baca Tulis Berbasis Kecerdasan Majemuk Melalui Tutor Sebaya. Bandung: Deepublish

Hadi, Sutrisno. 1992. Metologi Penelitian Vol. 2. Yogyakarta: Andi Offset.

Hamzah, Amir. 2020. Metode Penelitian Fenomenologi Kajian Filsafat dan Ilmu Pengetahuan. Malang: CV. Literasi Nysantara Abadi

Handika Maytawi, Gita. 2011. “Efektivitas Program Sudut Baca dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Siswa SMPN di Surabaya”. Jurnal Ilmiah: Departemen Ilmu Informasi dan Perpustakaan Fisip Universitas Airlangga, 2019, hlm. 74-76.

Ihsan, Iqbal. 2004. Analisis Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2016. Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Jakarta
Kasiyun, Suharmono. 2015. “ Upaya Meningkatkan Minat Baca Sebagai Sarana untuk Mencerdaskan Bangsa”, dalam Jurnal Pena Indonesia (JPI), Vol.1, No.1-Maret 2015, hlm 81.
Published
2024-04-03
How to Cite
Agista, M. (2024). EFEKTIVITAS BUDAYA LITERASI DALAM MENINGKATKAN MINAT MEMBACA AL-QUR’AN SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 3 SAMBAS TAHUN 2022-2023. Lunggi Journal, 2(2), 317-327. Retrieved from https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/lunggi/article/view/2797