PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN HAFALAN SURAH PENDEK DALAM AL-QUR’AN NEKAKUI NETODE DRILL DI MI AL-HIKMAH SIDANG TAHUN 2022

  • Yeti Nurhaliza Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Topik Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Rona Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
Keywords: Education, Children, Surah Luqman Verses 13-19

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk 1) mengetahui peran guru dalam meningkatkan hafalan surah pendek melalui metode drill. 2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru dalam meningkatkan hafalan surah pendek melalui metode drill. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriftif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pengumpulan data, reduksi data, display data dan kesimpulan atau verifikasi. Adapun teknik keabsahan data menggunakan triangulasi dan member chek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) peran guru dalam meningkatkan hafalan surah pendek melalui metode drill di MIS Al-Hikmah siding Tahun 2022 yaitu: a) guru sebagai pendidik dan pengajar, b) guru sebagai pembimbing, c) guru sebagai sumber belajat, dan fasilitator, d) guru sebagai motivator, e)guru sebagai evaluator. 2) faktor pendukung dan penghambat guru dalam meningkatkan hafalan surah pendek dalam Al-Qur’an melalui metode drill tahun 2022 yaitu: a) faktor pendukung berupa sarana dan prasana yang memadai, metode yang digunakan tepat, kreativitas guru dalam penggunaan metode drill, b) faktor penghambat yaitu persiapan individu, kondisi jasmani, keterbatasan waktu dan latarbelakang peserta didik yang berbeda-beda.

References

Al-Ghazali, Abu Hamid. 2012. Ihya Ulumuddin. Jakarta: Republika.

Al-Sijistani. 2000. Sunan Abi Daud. Beirut: Dar al-Fikr.

Barsihannor. 2009. Belajar dari Luqman Al-Hakim. Yogyakarta: Kota Kembang.

Hawi, Akmal. 2014. Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali Pers.

Huda, Miftahul & Idris, Muhammad. 2008. Nalar Pendidikan Anak. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Kamsinah. 2012. Pembaharuan Pendidikan di Rumah Tangga. Samata: Alauddin University Press.

Supadie. 2011. Pengantar Studi Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Syamsidar. 2012. Pendidikan Seks Anak dalam Perspektif Pendidikan Cet I. Samata: Alauddin University Press.

Wahid, Sa’ad Abdul. 2003. Tafsir Al-Hidayah (Ayat-Ayat Aqidah) Jilid I. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.
Published
2024-07-01
How to Cite
Nurhaliza, Y., Topik, & Rona. (2024). PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN HAFALAN SURAH PENDEK DALAM AL-QUR’AN NEKAKUI NETODE DRILL DI MI AL-HIKMAH SIDANG TAHUN 2022. Lunggi Journal, 2(3), 355-367. Retrieved from https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/lunggi/article/view/3006