STRATEGI PENGURUS YAYASAN DALAM MENARIK MINAT ORANG TUA UNTUK MENYEKOLAHKAN ANAKNYA DI TK ISLAM SULTONIYAH SAMBAS TAHUN PELAJARAN 2022-2023

  • Lasmita Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
Keywords: Strategi, Pengurus Yayasan, Minat Orang Tua

Abstract

Strategi yayasan untuk menarik minat orang tua dalam menyekolahkan anaknya adalah penetapan cara yang unik yang disusun secara sistematis dan terarah oleh yayasan untuk dilaksanakan bersama-sama dengan sekolah yang dibina dengan tujuan menarik minat orang tua untuk menyekolahkan anaknya. Strategi ini dilakukan dengan menunjukkan keunggulan-keunggulan dari sekolah binaan tersebut. Keunggulan-keunggulan tersebut harus dipromosikan agar masyarakat luas mengetahuinya. Setiap lembaga pendidikan akan berlomba lomba untuk dapat menarik minat masyarakat khususnya orang tua dalam menyekolahkan anaknya. Strategi ini dilakukan dengan menunjukkan keunggulan-keunggulan dari sekolah binaan tersebut. Keunggulan keunggulan tersebut harus dipromosikan agar masyarakat luas mengetahuinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap tentang: 1) Strategi pengurus yayasan dalam menarik minat orang tua untuk menyekolahkan anaknya di TK Islam Sultoniyah Sambas; 2) Pelaksanaan strategi pengurus yayasan dalam menarik minat orang tua untuk menyekolahkan anaknya di TK Islam Sultoniyah Sambas; 3) Faktor pendukung dan penghambat minat orang tua menyekolahkan anaknya di TK Islam Sultoniyah Sambas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, display data dan verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Adapun teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi dan member check. Hasil penelitian menunjukan bahwa; 1) Strategi pengurus yayasan TK Islam Sultoniyah dalam menarik minat orang tua untuk menyekolahkan anaknya di TK Islam adalah dengan memanfaatkan sarana dan prasarana pendidikan dengan menggunakan media sosial sebagai tombak promosi. 2) Ada beberapa tahapan yang dilaksanakan dalam penerapan strategi, yaitu: (a) Membentuk tim kepanitiaan, (b) Menentukan media yang digunakan. 3) Faktor pendukung dan penghambat yang menarik minat orang tua dalam menyekolahkan anaknya di TK Islam Sultoniyah: (a) Ada 3 faktor pendukung yang menarik minat orang tua menyekolahkan anaknya ke TK Islam Sultoniyah, yaitu: (i) Lingkungan sekolah, (ii) Dukungan keluarga, (iii) Media masa. (b) Faktor penghambat dalam menarik minat orang tua untuk menyekolahkan anaknya di TK Islam Sultoniyah hampir tidak ada, hal ini dibuktikan dengan peningkatan jumlah peserta didik dari tahun 2020-2023.

References

Aji, Prasetio. 2019. Manajemen Strategi; Keunggulan Bersaing Berkelanjutan. Edisi 2. Yogyakarta: Expert.

Ali, Chidir. 1991. Badan Hukum. Bandung: PT Alumni.

Arifin, H.M. 1987. Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama di Lingkungan Sekolah dan Keluarga. Jakarta: Bulan Bintang.

Azwar, Saifudin. 2011. Sikap Manusia:Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Grant, Robert M. 1999. Analisis Strategi Kontemporer, Konsep, Teknik, Aplikasi, Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga.

Gunawan, Fahmi & Hastuti, Heksa Biopsi Puji. 2018. Senarai Penelitian Pendidikan, Hukum, dan Ekonomi di Sulawesi Tenggara. Sleman; CV Budi Utomo.

Hanurawan, Fattah. 2010. Psikologi Sosial Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hasil pra observasi di TK Islam Sulthoniyah pada tanggal 17 Oktober 2022
Minari, Sri. 2011. Manajemen Sekolah (Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri). Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Rahmawati, Anggi. 2022. “Strategi Peningkatan Minat Masyarakat dalam Pendidikan di Pondok Pesantren Madinatunnajah Jombang Ciputat.” Skripsi pada Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Salamah, Ana. 2018. ”Minat Masyarakat Menyekolahkan Anak (Studi Kasus Pada MTs An-Nur SP3 Bangun Jaya Kecamatan Balai Riam Kabupaten Sukamara).” Skripsi pada IAIN Palangkaraya.

Salusu, J. 2015. Pengambilan Keputusan Stratejik untuk Organisasi Publik dan Organisasi NonProfit. Jakarta: Grasindo.

Sholihin, Ismail. 2012. Manajemen Strategik. Bandung: Erlangga.

Simamora, Yohanes Sogar. 2012. “Karakteristik, Pengelolaan Dan Pemeriksaan Badan Hukum Yayasan Di Indonesia.” Jurnal Rechts Vinding Surabaya, Vol. 1, No. 2, hlm. 10.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta, Rineka Cipta..

……….. 2010. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sufyarma. 2004. Kapita Selekta Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suhardan. 2010. Standar Kinerja Guru dan Pengaruhnya terhadap Pelayanan Belajar, dalam Mimbar Pendidikan. Bandung: UPI.

Suryabrata, Sumadi. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Triton. 2007. Manajemen Strategi Terapan Perusahaan dan Bisnis. Yogyakarta: Tugu Publiser.

Trygu. 2004. Psikologi Suatu Pengantar Dalam Perspektif Islam. Jakarta: Prenada Media.

Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2001 tentang yayasan
Published
2024-07-01
How to Cite
Lasmita. (2024). STRATEGI PENGURUS YAYASAN DALAM MENARIK MINAT ORANG TUA UNTUK MENYEKOLAHKAN ANAKNYA DI TK ISLAM SULTONIYAH SAMBAS TAHUN PELAJARAN 2022-2023. Lunggi Journal, 2(3), 368-381. Retrieved from https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/lunggi/article/view/3008