HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SDN 6 MENSERE TAHUN PELAJARAN 2020-2021

  • Lisa Apriliyanti Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Parni Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Patriana Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
Keywords: Minat Belajar, Prestasi Belajar, Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: 1) Minat Belajar Matematika siswa Kelas IV di SDN 6 Mensere Tahun Pelajaran 2020-2021. 2) Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV di SDN 6 Mensere Tahun Pelajaran 2020-2021. 3) Hubungan yang Signifikan antara Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV di SDN 6 Mensere Tahun Pelajaran 2020-2021.  Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 48 orang. Alat pengumpul data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data mengunakan tendensi sentral dan korelasi pearson product moment.  Penelitian ini menyimpulkan bahwa pada variabel X minat belajar berada pada kategori “cukup” dilihat dari hasil persentase yaitu 77%. Sedangkan untuk variabel Y yaitu prestasi belajar Matematika menggunakan nilai ulangan harian berada pada kategori “cukup” dilihat dari hasil persentase 60%. Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan prestasi belajar Matematika  siswa kelas IV di SDN 6 Mensere. Hal ini didasarkan pada hasil analisis korelasi pearson product moment diperoleh rhitung sebesar 0,168 (16,8%) bila dibandingkan dengan tabel interpretasi koefisien korelasi berada pada kategori “sangat rendah”, namun bentuk hubungan yang terjalin berarah positif. Dengan melihat nilai koefisien determinan sebesar 0,028 atau 2,8% artinya variabel x mempengaruhi variabel y sebesar 2,8%, sedangkan 97,2 dipengaruhi oleh variabel lain.

References

A, Susanto. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah. Jakarta: Kencana.

Bukhari, Mukhtar. 1984. Teknik Evaluasi Dalam Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Dalyono, M. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Djaali. 2012. Psikologi Pendidikan. Jogjakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bakhri. 1994. Prestasi Belajar Dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Hannan, Attia Mahmud. 1987. Bimbingan Pendidikan Dan Pekerjaan. Jakarta: Bulan Bintang.

Heruman. 2010. Model Pembelajaran Matematika SD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hurlock, Elizabeth B. 2005. Perkembangan Anak Jilid 2 (Alih Bahasa: Dr. Med.Meitasari Tjandrasa). ed. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Makmun, Abin Syamsudin. 1986. Psikologi Pendidikan. Bandung: IKIP.

Mujahidin, Adnan &. 2014. Panduan Penelitian Praktis Untuk Menyusun Skripsi, Tesis, Dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.

Nawawi, Hadari. 1981. Pengaruh Hubungan Manusia Dikalangan Murid Terhadap Prestasi Belajar Di SD. Jakarta: Analisa Pendidikan.

Sam’s, Rosma Hartiny. 2010. Model Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Teras.

Slameto. 2013. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syah, Muhibbin. 1995. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

———. 2001. Psikologi Belajar. 2001: Logos Wacana Ilmu.

Tirtonegoro, Sutratinah. 2001. Anak Super Normal Dan Program Pendidikannya. ed. Bina Aksara. Jakarta.
Published
2024-07-01
How to Cite
Apriliyanti , L., Parni, & Patriana. (2024). HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SDN 6 MENSERE TAHUN PELAJARAN 2020-2021 . Lunggi Journal, 2(3), 396-405. Retrieved from https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/lunggi/article/view/3012