PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VB DI MIS AL-HIKMAH SIDANG TEBAS TAHUN PELAJARAN 2020/2021

  • Pinki Nurbaya Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
Keywords: media, audio visual, prestasi belajar, pembelajaran IPS, al-hikmah sidang

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas VB menggunakan media audio visual (eksperimen) di MIs Al-Hikmah Sidang Tebas Tahun Pelajaran 2020/2021; 2) prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS tanpa menggunakan media audio visual di MIs Al-Hikmah Sidang Tebas Tahun Pelajaran 2020/2021; 3) ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara penggunaan media audio visual terhadap prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas VB di MIs Al-Hikmah Sidang Tebas Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode penelitian eksperimen yaitu jenis Pre-experiment yaitu pemilihan subjek dilakukan dalam 1 (satu) kelas (kelompok), serta eksperimen ini tidak ada kelas kontrol untuk dibandingkan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes tertulis, observasi, dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan uji-t (t-test) dengan uji prasyarat menggunakan uji normalitas. Hasil dalam penelitian ini: 1) prestasi belajar yang diperoleh siswa sebelum menggunakan media audio visual dalam pembelajaran IPS tidak memenuhi keberhasilan penggunaan media audio visual dalam pembelajaran IPS kelas VB di MIs Al-Hikmah Sidang Tebas, dengan rata-rata sebesar 44,25; 2) prestasi belajar yang diperoleh siswa setelah menggunakan media audio visual dalam pembelajaran IPS sudah memenuhi keberhasilan penggunaan media audio visual dalam pembelajaran IPS kelas VB di MIs Al-Hikmah Sidang Tebas, dengan rata-rata sebesar 66,00; 3) terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media audio visual terhadap prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas VB di MIs Al-Hikmah Sidang Tebas. Dibuktikan dengan Thitung 8,911 dan nilai Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 berarti Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan dengan besar pengaruh penggunaan media audio visual terhadap prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS di MIs Al-Hikmah Sidang Tebas adalah sebesar 21,75.

References

Ibda, Hamidullah. 2019. Media Pembelajaran Berbasis Wayang. Semarang: CV. Pilar Nusantara.
Ya’cub, Mihmidaty. 2018. “Media Pendidikan Perspektif Al-Qur’an Hadits dan Pengembangannya”, Jurnal Studi Keislaman, Vol. 4, No. 2.
Kementerian Agama RI. 2018. Qur’an Asy-Syifaa’ Hafalan Terjemahan & Tajwid Berwarna Metode Tikrar. Bandung: PT Sygma Examedia Arkanleema.
Nurdin. 2019. “Implementasi Aspek Pendidikan dalam Al-Qur’an Surat Al-Ahzab 21 Bagi Pendidik Era Milenial”, Jurnal Ar-Raniry, Vol. 21, No. 1.
Basuki, Nur. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Menggambar Teknik”. Jurnal Pendidikan Vokasi, FT Universitas Negeri Medan.
Lestari, Novia. 2002. Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Klaten: Lakeisha.
Rosyid, Moh. Zaiful. Dkk. 2019. Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara.
Published
2024-07-01
How to Cite
Nurbaya, P. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VB DI MIS AL-HIKMAH SIDANG TEBAS TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Lunggi Journal, 2(3), 406-415. Retrieved from https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/lunggi/article/view/3014