IMPLEMENTASI PROGRAM KEAGAMAAN DALAM MENGAJARKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELOMPOK C DI MTS YASTI SEKABAU

  • Deli Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Aslan Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Zuri Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
Keywords: Implementasi, Program Keagamaan, Al-Qur’an, MTs Sekabau

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap tentang: 1) perencanaan program keagamaan dalam mengajarkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelompok C di MTs Yasti Sekabau 2) pelaksanaan program keagamaan dalam mengajarkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelompok C di MTs Yasti Sekabau 3) evaluasi program keagamaan dalam mengajarkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelompok C di MTs Yasti Sekabau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan obervasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, display data dan verifikasi data / penarikan kesimpulan. Adapun teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi dan member check. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Perencanaan program keagamaan dalam mengajarkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelompok C MTs Yasti Sekabau adalah Guru mempersiapkan sarana dan prasarana, mempersiapkan media dan metode serta mempersiapkan materi. 2) Pelaksanaan program keagamaan dalam mengajarkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelompok C MTs Yasti Sekabau Menggunakan sarana dan prasarana serta media yang ada dan siswa dites perorangan untuk membaca Al-Qur’an. 3) Evaluasi program keagamaan berjalan kurang lebih 3 tahun dalam mengajarkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelompok C MTs Yasti Sekabau yaitu: 1) Evaluasi formatif.  2) Evaluasi sumatif

References

Daryanto. 2005. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.
Lailiyah. Asful. 2020. Implementasi Program Qur’an Time dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di SMP Al Hasra. Skripsi pada IIQ Jakarta.
Purwanto. M. Ngalim. 2006. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
R. Hartono. 1988. Belajar Menulis Membaca Al-Qur‟an Sistem Diklat. Yogyakarta: Sumbangsih
Shihab, M. Quraish. 2009. Membumikan Al-Qur’an. Jakarta: PT. Mizan Pustaka.
Sie H. 2009. Ilmu Tajwid Populer 17 kali pandai. Jakarta: Bumi Aksara.
Subhi. As-Shalih. 2009. Membahas Ilmu-Ilmu Al-Qur’an. Jakarta: Pustaka Firdaus.
Syamsul Kurniawan. Dan Moh. Haitami. 2015. Studi Ilmu Pendidikan Islam, Ar-Ruz Media. Jakarta: Media.
Ulfa. Ricka Alimatul. 2020. Implementasi Metode Qiroati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadits Di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Merandung Jaya.” Skripsi pada IAIN Metro Lampun.
Yuniarti. Karina. 2021. Peran Kegiatan Ekstrakurikuler BTQ dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas VII Studi Kasus di SMPN 1 Balong. Skripsi pada IAIN Ponorogo.
Published
2024-07-01
How to Cite
Deli, Aslan, & Zuri. (2024). IMPLEMENTASI PROGRAM KEAGAMAAN DALAM MENGAJARKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELOMPOK C DI MTS YASTI SEKABAU. Lunggi Journal, 2(3), 416-423. Retrieved from https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/lunggi/article/view/3015