PENGARUH IMPLEMENTASI METODE SAS (STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS I DI SDS ISLAM TERPADU SULTHONIYAH SAMBAS
Abstract
Tujuan dari penelitian ini mengenai beberapa hal, yaitu: 1) Bagaimana pengaruh kemampuan membaca siswa kelas I sebelum implementasi metode SAS (Struktural Analitik Sintetik). 2) Bagaimana pengaruh kemampuan membaca siswa kelas I sesudah implementasi metode SAS (Struktural Analitik Sintetik). 3) Bagaimana pengaruh implementasi metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) terhadap kemampuan membaca siswa kelas 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaf dan jenis penelitian eksperimen semu. Penelitian ini merupakan sebuah upaya menggunakan pendekatan kuantitatif serta menerapkan jenis penelitian eksperimen semu untuk melakukan evaluasi terhadap efektivitas penerapan metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) dalam meningkatkan kemampuan membaca pada siswa kelas 1 di SDS Islam Terpadu Sulthoniyah Sambas. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, penelitian ini mengadopsi desain penelitian quasi eksperimental dengan menggunakan nonequivalent control group design, yang melibatkan total 59 siswa sebagai populasi dan sampel penelitian. Proses pengumpulan data dilakukan melalui dua tahap tes, yaitu tes pretest dan posttest, yang dilengkapi dengan pengumpulan data dokumentasi. Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian dilakukan dengan metode cronbach’s alpha untuk memastikan keakuratan dan keandalan data yang terkumpul. Teknik analisis data yang digunakan melibatkan Independent Sample T Test dan Mann Whitney U-Test, dengan penggunaan perangkat lunak SPSS 22 sebagai alat untuk mengolah data tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) secara signifikan efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 di SDS Islam Terpadu Sulthoniyah Sambas. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam konteks pengembangan metode pembelajaran membaca yang lebih efektif di tingkat sekolah dasar. Pretest menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan membaca siswa kelas eksperimen (53,33) berada di bawah KKM (65), sementara kelas kontrol (69,62) berada di atas KKM (75). Uji Mann Whitney menunjukkan perbedaan signifikan dalam kemampuan membaca siswa kelas eksperimen sebelum dan sesudah implementasi metode SAS. Setelah perlakuan, rata-rata kemampuan membaca siswa kelas eksperimen meningkat dari 53,33 menjadi 85,00, sementara kelas kontrol meningkat dari 69,62 menjadi 73,46. Peningkatan lebih signifikan terjadi pada kelas eksperimen (31,67%) dibandingkan kelas kontrol (3,84%). Hal ini menunjukkan pengaruh positif implementasi metode SAS terhadap kemampuan membaca siswa kelas I di SDS Islam Terpadu Sulthoniyah Sambas
References
Ahmad Susanto. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Almira Keumala Ulfah, dkk. 2022. Ragam Analisis Data Penelitian: Sastra, Riset, Pengembangan. IAIN Madura: IAIN Madura Press.
Amin, Linda Yurike Susan Sumendap. 2022. 164: Model Pembelajaran Komtemporer. Bekasi: Pusat Penerbitan LPPM Universitas Islam 45.
Amruddin, dkk. 2022. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Sukoharjo: CV. Pradina Pustaka Grup.
Andi Fitriani Djollong. 2014. Tehnik Pelaksanaan Penelitian Kuantitatif, Dalam Jurnal Penelitian. Parepare: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah.
Ardi Setyanto. 2014. Panduan Sukses Komunikasi Belajar-Mengajar. Yogyakarta: Diva Press.
Bambang Sudaryana, Ricky Agusiady. 2022. Metodologi Penelitian Kuantittaif. Yogyakarta: Deepublish.
Deliyanti Zainul Anis, Siti Murtiningsih. Struktural Analitik Sintetik Sebagai Metode Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Sekolah Dasar Dalam Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar. STAI Binamadani.
Dessy Larasshinta. 2018. Penerapan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) Pada Pembelajaran Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 MI Ma’arif Nu Sokawera Padamara Purbalingga Tahun Pelajaran 2017/2018 Dalam Skripsi. IAIN Purwokerto.
Djaali. 2020. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Dp Tampubolon. 2020. Kemampuan Membaca: Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: CV Angkasa.
Eliyah. Modul Statistik Pendidikan. Sambas: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syfiuddin Sambas.
Eri Barlian. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Padang: Sukabina Press.
Farida Rahim. 2019. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Rawamangun: Bumi Aksara.
Fitria Matanti. 2018. Metode Struktural Analitik Sintetik Dalam Pembelajaran Anak Disleksia’, Al-Bidayah Dalam Jurnal Pendidikan Dasar Islam. Vol. 10 No. 1.
Getut Pramesti. 2014. Kupas Tuntas Data Penelitian dengan SPSS 22. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Hamidulloh Ibda. 2019. Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut Untuk Mahasiswa. Semarang, Jawa tengah: CV Pilar Nusantara.
Hasil Observasi Pra survey pada Tanggal 9 September 2022 di SDS Islam Terpadu Sulthoniyah Sambas
Hasyim Hasanah. 2016. Teknik-Teknik Observasi Dalam Jurnal. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Henry Guntur Tarigan. 2020. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa Bandung.
Ilham Kamaruddin. 2022. Metodologi Penelitian Kesehatan Masyarakat. Sumatera Barat: PT. Global Eksekutif Teknologi.
Irdawati, Dkk. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Gambar Kelas 1 di Min Buol Dalam Jurnal Kreatif. Tadulako Online Vol. 5 No. 4.
Itta Muyassyaroh. 2022. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan dengan Menggunakan Media Tubokas. Bekasi: Mikro Media Teknologi.
Kemendagri. 2021. Tingkat Literasi Indonesia di Dunia Rendah Ranking 62 dari 70 Negara Dalam Artikel. Perpustakaan Kemendagri. (Diterbitkan).
Kusno. 2020. Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Sekolah Dasar Dalam Jurnal. Semarang: Universitas PGRI Semarang.
Lisa Septia Dewi BR Ginting. 2020. Bahasa Indonesia SD 2 Pendidikan Sekolah Dasar. Guepedia.
Maimana, dkk. 2021. Penerapan Metode Sas Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar, Dalam Jurnal Pendidikan. Riau: Universitas Pahlawan tuanku Tambusai.
Marten Yogaswara, dkk. 2019. Analisis Perbandingan Metode Problem Based Learning Dan Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif, Dalam Jurnal Ilmiah. Subang: Pendidikan Ekonomi FKIP Unpas.
Masykur, dkk. 2021. Tafsir Qur’an Surah Al-Alaq Ayat 1 sampai 5 Perspektif Ilmu Pendidikan Islam Dalam Jurnal Studi Keislamanan. Balik Papan.
Muhammad Hasani. 2017. Urgensi Belajar Dalam Surat Al-Alaq Ayat 1-5 (Studi Pustaka Tafsir Al-Mishbah) Dalam Skripsi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin. Banten.
Mukhlidah Hanum Siregar. 2021. Metodologi Penelitian Kesehatan. Desa Baroh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Muthamainah, Lisnawati. 2018. Efektifitas Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Bagi Anak Lambat Belajar (Slow Learner) di SDN Demangan Dalam Jurnal Psikologi Integratif. Yogyakarta.
Nasrun Adil. Keefektifan Metode Pengajaran Membaca dan Menulis Dalam Jurnal. Medan: Universitas Negeri Medan.
Natalia Nilamsari. Memahami Studio Dokumen Dalam Penelitian Kualitatif, Dalam jurnal. Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Dr. Moestopo (Beragama).
Ni Pt Nuristya Dewi, dkk. 2019. Pengaruh Model Problem Based Instruction Berbantuan Media Lingkungan terhadap Kemampuan Berpikir Kritis, Dalam Jurnal Kemampuan berfikir dan Kreativitas. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha, 2019.
Nur Afif, Ansor Bahary. 2020. Tafsir Tarbawi: Pesan-Pesan Pendidikan Dalam Al-Qur’an. Tuban: CV Karya Litera Indonesia.
Nur Rahmi Akil Saleh. 2020. Pengaruh Penerapan Metode Sas (Struktural Analitik Sintetik) Berbantuan Media Kartu Kata Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Kelas I SD Inpres Andi Tonro Kecamatan Tamalate Kota Makassar Dalam Skripsi. Makassar.
Putu Ade Andre Payadnya, Gusti Agung Ngurah Trisna Jayantika. 2018. Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish.
Rafika Ulfa. Variabel Penelitian Dalam Penelitian Pendidikan Dalam Jurnal Pendidikan dan Keislaman. Batu Bara:Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah.
Rina Oktaviani, Dkk. 2014. Anak Islam Gemar Membaca. Jakarta: Eska Kids.
Rosmita Sari Siregar, dkk. 2021. Dasar-Dasar Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.
Silvia Sandi Wisuda Lubis. Pengembangan Metode SAS Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Dalam Jurnal. UIN Raniry: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
Slamet Riyanto, Aglis Andhita Hatmawan. 2020. Metode Riset Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish.
Sri Hartini. 2022. Struktural Analitik Sintetik: Metode Bermain dan Belajar Anak. NTB: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Sri Sunarti. 2021. Pembelajaran Membaca Pemahaman Sekolah Dasar. Penerbit NEM.
Syamsul Bahri, Fahkry Zamzam. 2014. Model Penelitian Kuantitatif Berbasis SEM-AMOS. Sleman: Penerbit Deepublish.
Tim Penyusun Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan. 2022. Pedoman Perjenjangan Buku Dalam Artikel. Kemendikbud.
Tim Penyusun Pedoman Penulisan Skripsi Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas. 2016. Penulisan Skripsi Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas. (Sambas: Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syfiuddin Sambas.
Untung Nugroho. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif Pendidikan Jasmani. Jawa Tengah: CV. Sarnu Untung.
Utami Ningsi, dkk. 2022. Penerapan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas II SD Negeri Anyar Dalam Jurnal Pendidikan. Anyar.
Uyu Mu’awwanah. 2016. Pembelajaran Bahasa Indonesia SD/MI. Banten: LP2M IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Viva Budi Kusnandar. 2021. Angka Buta Huruf Penduduk Usia 10 Tahun Ke Atas Meningkat 0,01 Persen Point pada 2021 Dalam Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar.
Vivi Suryani Putri Utami. 2020. Pengaruh Metode Sruktural Analitik Sintetik (Sas) Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 Di Sd Negeri 101 Kota Bengkulu Dalam Skripsi. Bengkulu.
Yati Wartini, dkk. 2019. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Metode Struktural Analitik Sintetik di Kelas I Sekolah Dasar, Dalam Jurnal Pendidikan. Universitas Tanjungpura Pontianak.