IMPLEMENTASI GURU DALAM METODE BERNYANYI PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS 1B MIS NURUL HIKMAH SEKURA TAHUN 2022-2023
Abstract
Penelitian ini membahas tentang implementasi guru dalam metode bernyanyi pada pembelajaran bahasa Arab di kelas 1B MIS Nurul Hikmah Sekura tahun pelajaran 2022-2023. Penelitian ini memiliki tiga tujuan yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan guru dalam metode bernyanyi pada pembelajaran bahasa Arab di kelas 1B MIS Nurul Hikmah Sekura tahun pelajaran 2022-2023; 2) Untuk mendeskripsikan langkah-langkah guru dalam metode bernyanyi pada pembelajaran bahasa Arab di kelas 1B MIS Nurul Hikmah Sekura tahun pelajaran 2022-2023; dan 3) Untuk mendeskripsikan implikasi metode bernyanyi pada pembelajaran bahasa Arab di kelas 1B MIS Nurul Hikmah Sekura tahun pelajaran 2022-2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
- Perencanaan guru dalam metode bernyanyi pada pembelajaran bahasa Arab di kelas 1B MIS Nurul Hikmah Sekura Tahun Pelajaran 2022-2023 yaitu mempersiapkan silabus pembelajaran, menyiapkan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), dan menyusun instrumen penilaian.
- Langkah-langkah guru dalam metode bernyanyi pada pembelajaran bahasa Arab di kelas 1B MIS Nurul Hikmah Sekura Tahun Pelajaran 2022-2023 yaitu Pertama, menentukan materi pembelajaran. Kedua, memilih nada lagu. Ketiga, lagu memiliki keterkaitan dengan materi. Keempat, mempraktikkan nyanyian. Kelima, mendemonstrasikan bersama. Keenam, diikuti gerakan tubuh. Ketujuh, mengukur pemahaman peserta didik. Selain itu, sebelum belajar guru menyuruh peserta didik untuk membaca surah pendek dan doa sehari-hari. Karena itu merupakan kegiatan wajib yang dilakukan setiap guru sebelum memulai pembelajaran.
- Implikasi metode bernyanyi pada pembelajaran bahasa Arab di kelas 1B MIS Nurul Hikmah Sekura Tahun Pelajaran 2022-2023 yaitu dengan menggunakan metode bernyanyi pada pembelajaran bahasa Arab di kelas 1B, peserta didik mudah menghafal kosakata, mudah memahami materi yang diajarkan, membangun semangat belajar, dan menambah sumber belajar.
References
Ansari, Muhammad Iqbal. 2019. “Penerapan Metode Bernyanyi pada Pembelajaran Tajwid di Rumah Qur’an An-Nur Banjarmasin,” dalam Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol. 1, No. 2 / Tahun 2019, hlm. 126-127.
Anshor, Ahmad Muhtadi. 2009. Pengajaran Bahasa Arab Media dan Metode-Metodenya. Yogyakarta: Teras.
Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan: Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.
Fadhillah, Muhammad, dkk. 2012. Desain Pembelajaran PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Hargreaves. 2010. Springer International Handbooks of Education. Springer: Dordrecht Heidelberg.
HS, Moh. Mastna dan Erta Mahyudin. 2012. Pengembangan Evaluasi dan Tes Bahasa Arab. Tangerang Selatan: Alkitabah.
Jannah, Lily Alfiyatul. 2013. Kesalahan-kesalahan Guru PAUD yang Sering Dianggap Sepele. Yogyakarta: Diva Press.
Majid, Abdul. 2013. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ma’rifah. 2009. “Strategi Pembelajaran BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi) dalam Membina, Akhlak Anak Usia Dini.” Skripsi pada UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. (Tidak diterbitkan).
Moustakas, Clark. 1994. Phenomenological Research Methods. California: SAGE Publications.
Otib, Sabiti Hidayat. 2010. Metode Pengembangan Moral dan Nilai-Nilai Agama. Jakarta: Universitas Terbuka.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wawancara pada tanggal 16 September 2022 dengan Guru bahasa Arab kelas 1B.